Skip to content
Home » Tata Cara Pendaftaran Haji ONH Plus

Tata Cara Pendaftaran Haji ONH Plus

Inilah tata cara pendaftaran haji ONH Plus yang harus diketahui oleh setiap muslim yang ingin menunaikan ibadah haji ke Makkah. Sejak tahun 2001, pemerintah Indonesia meluncurkan program haji ONH Plus yang memberikan kemudahan bagi jamaah haji untuk dapat menunaikan ibadah haji dengan nyaman dan aman.

Apa Itu Haji ONH Plus?

Haji ONH Plus adalah program haji yang dilengkapi dengan layanan tambahan yang lebih baik dibandingkan dengan program haji reguler. Program ini memberikan kebebasan kepada jamaah haji untuk melakukan perjalanan dan menginap di tempat-tempat yang lebih nyaman, serta menikmati layanan katering yang lebih baik.

Persyaratan untuk Mendaftar Haji ONH Plus

Untuk dapat mendaftar program haji ONH Plus, jamaah haji harus memenuhi beberapa persyaratan sebagai berikut:

  1. Muslim
  2. Warga Negara Indonesia
  3. Berusia minimal 18 tahun
  4. Memiliki paspor yang masih berlaku
  5. Sehat jasmani dan rohani
  6. Tidak sedang dalam masa haid atau nifas bagi perempuan

Tahapan Pendaftaran Haji ONH Plus

Berikut adalah tahapan pendaftaran haji ONH Plus yang harus dilakukan oleh jamaah haji:

1. Pendaftaran Awal

Pendaftaran awal dapat dilakukan melalui website dari Kementerian Agama atau lembaga penyedia layanan haji ONH Plus. Pada tahap ini, jamaah haji akan diminta untuk mengisi data diri dan membayar uang muka sebagai persyaratan awal.

2. Verifikasi Dokumen

Setelah melakukan pendaftaran awal, jamaah haji akan diminta untuk melakukan verifikasi dokumen di kantor Kementerian Agama setempat. Dokumen yang perlu disiapkan antara lain paspor, kartu keluarga, dan surat keterangan sehat jasmani dan rohani.

BACA JUGA:   Silaturahmi Terhadap Orang yang Menunaikan Ibadah Haji

3. Pembayaran Biaya Haji

Setelah dokumen jamaah haji telah diverifikasi, jamaah haji akan diminta untuk membayar biaya haji ONH Plus. Biaya tersebut mencakup biaya transportasi, akomodasi, dan layanan haji lainnya.

4. Pembekalan Pra Haji

Jamaah haji akan mendapatkan pembekalan pra haji, yang meliputi pelatihan dan pengarahan tentang tata cara ibadah haji. Pembekalan ini bertujuan untuk mempersiapkan jamaah haji agar dapat menjalankan ibadah haji dengan baik dan benar.

5. Keberangkatan ke Tanah Suci

Setelah melalui tahapan pendaftaran haji ONH Plus dan pembekalan pra haji, jamaah haji siap untuk berangkat ke Tanah Suci. Jamaah haji dapat memilih untuk berangkat langsung dari Indonesia atau melalui transit di negara lain.

Keuntungan Menjadi Jamaah Haji ONH Plus

Menjadi jamaah haji ONH Plus memiliki banyak keuntungan, antara lain:

  1. Memiliki prioritas dalam pelayanan haji
  2. Menginap di hotel berkualitas tinggi
  3. Mendapatkan layanan katering yang lebih baik
  4. Mendapatkan perlindungan asuransi jiwa dan kesehatan

Kesimpulan

Dalam program haji ONH Plus, jamaah haji dapat menikmati kemudahan dan kenyamanan dalam menunaikan ibadah haji. Dengan mengikuti tata cara pendaftaran haji ONH Plus yang telah dijelaskan di atas, jamaah haji akan dapat menunaikan ibadah haji dengan aman dan nyaman. Jangan ragu untuk mendaftar program haji ONH Plus dan rasakan kemudahan dalam menunaikan ibadah haji!