Skip to content
Home » Tata Cara Urutan Ibadah Umroh

Tata Cara Urutan Ibadah Umroh

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Apakah Anda seorang muslim yang ingin melakukan ibadah umroh? Jika ya, maka sebaiknya Anda mengetahui tata cara urutan ibadah umroh dengan baik dan benar. Dalam artikel ini, kami akan membahas tata cara urutan ibadah umroh secara lengkap dan detil.

Pendahuluan

Umroh adalah salah satu ibadah yang harus dilakukan oleh setiap muslim yang sanggup. Umroh memiliki banyak manfaat, mulai dari mendapatkan pahala besar, keberkahan, hingga kedekatan dengan Allah SWT.

Tahapan Ibadah Umroh

Berikut ini beberapa tahapan atau urutan dalam ibadah umroh yang perlu diketahui:

1. Ihram

Sebelum memulai ibadah umroh, seorang muslim harus memasuki keadaan ihram terlebih dahulu. Ihram adalah suatu kondisi dimana seorang muslim melakukan beberapa hal untuk mempersiapkan diri secara lahir dan batin. Dalam tahap ini, seorang muslim harus mandi, memakai pakaian khusus, dan berniat untuk memulai ibadah umroh.

2. Tawaf

Setelah memasuki ihram, tahap selanjutnya adalah melakukan tawaf. Tawaf adalah rangkaian ritual berjalan mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali dengan menghadap ke Ka’bah, seraya membaca doa-doa yang dianjurkan.

3. Sai

Selanjutnya adalah melakukan sai, yaitu berlari-lari kecil atau berjalan cepat sebanyak tujuh kali antara dua bukit yaitu Bukit Safa dan Marwah. Ini mengingatkan kita tentang kesabaran dan keteladanan Hajar saat mencari air untuk putranya Ismail.

4. Halaq atau Taqsir

Setelah selesai melakukan sai, tahap selanjutnya adalah halaq atau taqsir. Halaq adalah memotong rambut kepala secara bersih sementara taqsir adalah cukup memotong rambut kepala sebagian.

5. Tertib Ibadah

Tahap terakhir adalah menjaga agar segala ibadah yang sudah dilakukan berlangsung dengan tertib dan rapi.

BACA JUGA:   Perlengkapan Ibadah Umroh: Ceklis Penting yang Harus Anda Penuhi

Kesimpulan

Itulah tata cara urutan ibadah umroh yang perlu diketahui oleh setiap muslim. Dengan mengetahui tata cara yang benar, kita bisa memperoleh keberkahan yang lebih besar dalam ibadah umroh. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda semua. Terima kasih sudah membaca.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.