Skip to content
Home » Tawaf adalah Amalan Ibadah Haji

Tawaf adalah Amalan Ibadah Haji

Tawaf adalah amalan yang harus dilakukan oleh setiap jamaah yang pergi ke Makkah untuk melaksanakan ibadah haji. Ini adalah momen sakral dan penting bagi umat Islam karena tawaf dianggap sebagai salah satu bagian dari ibadah haji yang paling afdhal atau paling utama.

Apa Itu Tawaf?

Tawaf berasal dari bahasa Arab dan artinya berputar-putar. Tawaf adalah amalan berjalan mengelilingi Ka’bah atau baitullah di Makkah. Tawaf harus dilakukan sebanyak tujuh kali dan dilakukan dengan cara mengelilingi Ka’bah searah jarum jam. Setiap putaran dikenal sebagai satu "shaf" dan setiap shaf harus dimulai dan diakhiri dengan Hajar Aswad (batu hitam) di pojok Ka’bah.

Alasan Pentingnya Melakukan Tawaf

Tawaf dilakukan sebagai bentuk penghormatan dan penghambaan kepada Allah SWT. Tawaf juga adalah cara untuk membersihkan hati dan pikiran dari segala dosa dan kesalahan. Setiap kali seseorang melewati Hajar Aswad, mereka membayangkan segala dosa dan kesalahan mereka dihapuskan dan mereka memulai kehidupan yang baru dan bersih. Selain itu, tawaf juga adalah bentuk ungkapan kesetiaan kepada Allah SWT.

Cara Melakukan Tawaf

Sebelum melakukan tawaf, jemaah harus membersihkan diri secara menyeluruh dengan mandi wajib atau tayammum. Lalu, jemaah hendaknya mengenakan pakaian Ihram atau pakaian haji yang sudah ditentukan. Setelah itu, jemaah harus menghadap ke Ka’bah dan berniat untuk melakukan tawaf. Kemudian, jemaah harus membaca doa dan memulai shaf pertama.

Setiap kali melewati Hajar Aswad, jemaah harus mencium atau menyentuhnya. Namun, apabila tidak memungkinkan untuk mencium atau menyentuh Hajar Aswad, jemaah bisa mengangkat tangan sejajar dengan bahu dan mengucapkan salam.

BACA JUGA:   Daftar Calon Jemaah Haji 2019 Kanwil Pro.Jambi

Setelah melakukan shaf ke tujuh, jemaah harus melakukan sholat dua raka’at di Maqam Ibrahim, namun apabila Maqam Ibrahim sedang ramai dan tidak memungkinkan untuk sholat, jemaah bisa sholat di tempat lain di Masjidil Haram. Setelah selesai sholat, jemaah bisa memulai shaf pertama lagi atau pulang ke hotel.

Kesimpulan

Tawaf adalah salah satu amalan penting dalam ibadah haji. Melakukan tawaf dengan cara yang benar akan membantu seseorang meraih keutamaan dan pahala yang besar dari Allah SWT. Tawaf juga membantu memurnikan hati dan pikiran dari segala dosa dan kesalahan. Semoga artikel ini memberikan informasi yang bermanfaat bagi para jamaah dan dapat membantu mereka dalam melaksanakan ibadah haji dengan baik dan benar.