Skip to content
Home » Teks Doa Orang Berangkat Haji

Teks Doa Orang Berangkat Haji

Haji adalah salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan bagi orang yang mampu. Menunaikan ibadah haji dengan baik dan lancar tentunya menjadi harapan setiap orang yang akan menunaikannya. Salah satu hal yang tidak boleh dilupakan oleh jamaah haji adalah doa. Sebelum berangkat, sebaiknya kita mempersiapkan teks doa orang berangkat haji yang akan dibaca pada saat berada di tanah suci.

Mengapa Doa Sangat Penting?

Saat menunaikan haji, kita melakukan sebuah perjalanan jauh ke Tanah Suci, Makkah dan Madinah. Perjalanan ini tentu tidaklah mudah. Kita akan menghadapi berbagai macam tantangan, seperti cuaca yang panas, kemungkinan terjadinya kerumunan, kemacetan, dan sebagainya.

Doa menjadi hal yang sangat penting agar perjalanan haji kita berjalan lancar dan sukses. Ketika kita membaca doa sebelum berangkat haji, kita memohon kepada Allah SWT untuk memberikan kemudahan dan berbagai macam kebaikan selama proses haji berlangsung.

Teks Doa Orang Berangkat Haji

Berikut ini adalah Teks Doa Orang Berangkat Haji yang bisa dibaca saat akan berangkat ke Tanah Suci.

اللَّهُمَّ لَبَّيْكَ، اللَّهُمَّ لَبَّيْكَ، لَبَّيْكَ لاَ شَرِيْكَ لَكَ لَبَّيْكَ، إِنَّ الْحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَكَ وَالْمُلْكَ لاَ شَرِيْكَ لَكَ

Artinya: "Ya Allah, aku menyahut panggilan-Mu (berangkat Haji), ya Allah, aku menyahut panggilan-Mu. Aku menyahut panggilan-Mu, tidak ada sekutu bagi-Mu. Aku menyahut panggilan-Mu. Sesungguhnya segala puji, nikmat, dan kerajaan hanya milik-Mu, tidak ada sekutu bagi-Mu".

Keutamaan Membaca Doa

Ada banyak keutamaan yang bisa didapatkan dengan membaca doa sebelum menunaikan ibadah haji. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Doa yang dibaca dengan tulus dapat menenangkan hati dan pikiran
  • Doa dapat meningkatkan kemampuan kita untuk terus bertawakal kepada Allah SWT
  • Doa dapat menjaga diri kita agar tetap ikhlas dan sabar dalam menghadapi rintangan dan tantangan yang mungkin timbul selama perjalanan
  • Doa dapat memperkuat iman dan keyakinan kita kepada Allah SWT
BACA JUGA:   Mengenal Lebih Dalam Tradisi Lebaran Haji di Mekah: Perayaan yang Sarat Makna dan Spiritualitas

Kesimpulan

Menunaikan ibadah haji dengan baik dan lancar tentunya menjadi impian setiap orang yang akan menunaikannya. Salah satu hal yang tidak boleh dilupakan oleh jamaah haji adalah doa. Sebelum berangkat, sebaiknya kita mempersiapkan teks doa orang berangkat haji yang akan dibaca pada saat berada di tanah suci. Dengan membaca doa dengan tulus, kita memohon kepada Allah SWT untuk memberikan kemudahan dan berbagai macam kebaikan selama proses haji berlangsung. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang akan menunaikan ibadah haji.