Skip to content
Home » Tempat Daftar Haji Bekasi

Tempat Daftar Haji Bekasi

Memasuki bulan suci Ramadan, banyak umat Muslim yang mulai mempersiapkan diri untuk melaksanakan ibadah haji. Salah satu hal penting dalam tahapan persiapan haji adalah melakukan pendaftaran. Bagi Anda yang berada di Bekasi dan sekitarnya, kami akan memberikan informasi lengkap mengenai tempat daftar haji Bekasi.

Proses Pendaftaran Haji

Sebelum membahas tempat daftar haji Bekasi, mari kita bahas terlebih dahulu proses pendaftaran haji yang harus dilakukan oleh calon jamaah haji. Proses pendaftaran biasanya dilakukan melalui kantor cabang dari PT. Anta Boga Raya (ABR), yaitu salah satu penyelenggara ibadah haji di Indonesia.

Proses pendaftaran haji sendiri terdiri dari beberapa tahapan, antara lain sebagai berikut:

  1. Pendaftaran awal: calon jamaah haji mengisi formulir pendaftaran yang dapat diambil langsung di kantor cabang ABR atau diunduh melalui website resmi ABR. Selain mengisi data identitas, calon jamaah juga diwajibkan mengisi data keluarga dan data kesehatan.
  2. Verifikasi dokumen: setelah formulir pendaftaran diisi, calon jamaah haji harus melengkapi dokumen yang dibutuhkan, seperti KTP, kartu keluarga, dan akta lahir. Dokumen ini akan diverifikasi oleh petugas ABR untuk memastikan keabsahannya.
  3. Pemeriksaan kesehatan: tahap selanjutnya adalah pemeriksaan kesehatan untuk memastikan bahwa calon jamaah haji memenuhi syarat kesehatan yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan. Pemeriksaan kesehatan biasanya dilakukan di rumah sakit atau klinik yang ditunjuk oleh ABR.
  4. Pembayaran: setelah melalui tahapan pemeriksaan kesehatan, calon jamaah haji harus membayar biaya haji ke ABR. Besaran biaya haji tergantung pada jenis pelayanan haji yang dipilih (haji reguler atau haji plus) serta zona embarkasi yang ditentukan.

Setelah menyelesaikan seluruh tahapan pendaftaran, calon jamaah haji akan mendapatkan nomor porsi untuk lalu lintas ke Saudi Arabia. Nomor porsi ini dapat dilihat melalui website resmi Kementerian Agama.

BACA JUGA:   Syarat Suntik Meningitis untuk Berangkat Ibadah Umroh dan Haji

Tempat Daftar Haji Bekasi

Untuk memudahkan calon jamaah haji di Bekasi dan sekitarnya, ABR memiliki beberapa kantor cabang di wilayah tersebut. Berikut adalah daftar tempat daftar haji di Bekasi:

  1. Kantor Cabang ABR Bekasi Utara

Alamat: Jl. KH Noer Ali No. 60, RT.003/RW.003, Marga Mulya, Klender, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13470
Telepon: (021) 2289 0620

  1. Kantor Cabang ABR Bekasi Selatan

Alamat: Jl. Raya Narogong Km. 9.2, No. 39, Kel. Bojong Rawalumbu, Kec. Rawalumbu, Kota Bekasi, Jawa Barat 17116
Telepon: (021) 8268 9568

  1. Kantor Cabang ABR Pondok Gede

Alamat: Jl. Raya Bogor KM. 29, RT.15/RW.03, Jatijajar, Pondok Gede, Kota Bekasi, Jawa Barat 17413
Telepon: (021) 8472 9456

  1. Kantor Cabang ABR Cikarang

Alamat: Jl. Niaga Raya Selatan No. 16D, Lippo Cikarang, Cikarang Selatan, Bekasi, Jawa Barat 17610
Telepon: (021) 897 2915

  1. Kantor Cabang ABR Tambun

Alamat: Jl. Raya Cibarusah, Blok D No. 107, Setu, Cikarang Timur, Bekasi, Jawa Barat 17320
Telepon: (021) 8263 4679

Kesimpulan

Proses pendaftaran haji merupakan tahapan penting bagi calon jamaah haji. Setelah mengetahui tahapannya, calon jamaah harus memilih tempat daftar haji yang terdekat di daerahnya. Bagi Anda yang berada di Bekasi dan sekitarnya, ABR memiliki beberapa kantor cabang yang dapat Anda kunjungi. Dengan demikian, pendaftaran haji dapat dilakukan dengan lebih mudah dan efisien. Jangan lupa untuk mempersiapkan diri dengan baik untuk menunaikan ibadah haji dengan lancar dan aman.