Skip to content
Home » Tempat Mulai Doa-Doa Sapujagat pada Saat Haji

Tempat Mulai Doa-Doa Sapujagat pada Saat Haji

Haji adalah salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh umat muslim setidaknya satu kali seumur hidup bagi yang mampu. Dalam melaksanakan ibadah haji, terdapat beberapa tempat yang harus dikunjungi dan dijadikan sebagai tempat memulai doa-doa sapujagat.

Berikut ini adalah beberapa tempat mulai doa-doa sapujagat pada saat haji.

1. Masjidil Haram

Masjidil Haram adalah tempat yang sangat penting dan istimewa bagi kaum muslimin di seluruh dunia. Masjid ini berlokasi di kota suci Makkah. Selain menjadi tempat untuk shalat, Masjidil Haram juga menjadi tempat bagi jutaan umat muslim untuk berdoa, mencari pengampunan, dan memohon keberkahan kepada Allah SWT.

Setiap tahunnya, selama musim haji, Masjidil Haram menjadi tujuan utama para jamaah haji untuk menunaikan ibadah mereka. Mulai dari tawaf, sa’i, hingga melontar jumrah, semuanya dilakukan di masjid yang megah ini.

2. Jabal Rahmah

Jabal Rahmah adalah bukit yang berlokasi di Arafah yang menjadi tempat bersejarah saat Nabi Adam dan Hawa bertemu setelah terpisah selama beberapa waktu. Selain itu, bukit ini juga menjadi tempat di mana Nabi Muhammad SAW memberikan Khutbah Wada’ pada saat haji terakhirnya.

Bagi para jamaah haji, Jabal Rahmah menjadi tempat untuk berdoa, bermunajat, dan memohon ampunan. Suasana yang tenang serta pemandangan yang indah membuat para jamaah betah berlama-lama di sana.

3. Mina

Mina adalah tempat di mana jamaah haji berkumpul untuk melaksanakan Ibada Jumrah. Di dalam Mina terdapat Masy’aril Haram, tempat di mana para haji melakukan dzikir dan bermunajat kepada Allah SWT.

Selain itu, Mina juga menjadi tempat bagi jamaah haji untuk merenung dan memperbaharui niat mereka dalam menunaikan ibadah haji. Di sini, para jamaah juga dianjurkan untuk memperbanyak doa untuk diri sendiri, keluarga, serta orang-orang terdekat.

BACA JUGA:   Doa Niat Umrah dan Haji

4. Masjid Nabawi

Masjid Nabawi adalah masjid kedua terbesar di dunia setelah Masjidil Haram. Masjid ini terletak di Kota Madinah dan menjadi tempat untuk melaksanakan shalat dan berdoa. Di dalam masjid ini terdapat makam Nabi Muhammad SAW serta para sahabat beliau.

Saat di masa haji, para jamaah juga diwajibkan untuk mengunjungi Masjid Nabawi. Di sini, para jamaah dapat berdoa di dekat makam Nabi dan para sahabatnya serta memohon ampunan kepada Allah SWT.

5. Aqabah

Aqabah adalah lokasi di mana para jamaah melempar jumrah pada hari ke-10 atau 11 pada bulan Dzulhijjah. Lokasi ini berada di luar Kota Mina dan menjadi salah satu tempat sakral dalam ritual haji.

Di sini, para jamaah dapat berdoa dan memohon ampunan kepada Allah SWT sebelum melaksanakan lempar jumrah. Di samping itu, Aqabah juga menjadi tempat untuk bermunajat dan memohon perlindungan serta taqwa kepada Allah SWT.

Dalam melaksanakan ibadah haji, memulai doa-doa sapujagat pada tempat-tempat sakral di atas menjadi sangat penting. Dengan berdoa dan bermunajat di tempat ini, diharapkan para jamaah akan mendapat keberkahan, ampunan dari Allah SWT, serta merasa dekat dengan-Nya. Semoga Allah selalu memberikan petunjuk pada kita semua untuk dapat melaksanakan ibadah haji dengan baik dan meraih ridha-Nya. Aamiin.