Skip to content
Home » Tempat Penting Ibadah Haji Jumrah

Tempat Penting Ibadah Haji Jumrah

Menyelesaikan ibadah haji merupakan kewajiban bagi setiap orang muslim yang mampu. Ibadah haji terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan, salah satunya adalah jumrah. Jumrah adalah melempar jumrah yang dilakukan di Mina pada tiga hari aqobah.

Lokasi jumrah terdiri dari tiga tempat, yaitu jumrah Aqobah, jumrah Wustho, dan jumrah Ula. Kegiatan jumrah dimulai dengan melempar jumrah Aqobah sebanyak tujuh kali, kemudian melempar jumrah Wustho sebanyak tujuh kali, dan terakhir melempar Jumrah Ula sebanyak tujuh kali.

Tempat Penting Ibadah Jumrah

  1. Jumrah Aqobah
    Tempat pertama yang harus dikunjungi saat melakukan ibadah jumrah adalah jumrah Aqobah. Terletak di luar Mina, jumrah Aqobah dapat dijangkau dengan berjalan kaki selama 30 menit atau dengan menggunakan angkutan umum.

  2. Jumrah Wustho
    Tempat kedua yang harus dikunjungi adalah jumrah Wustho. Jumrah Wustho berada di tengah-tengah antara jumrah Aqobah dan jumrah Ula.

  3. Jumrah Ula
    Tempat terakhir yang harus dikunjungi saat melakukan ibadah jumrah adalah jumrah Ula. Jumrah Ula berada di sebelah kiri jalan Mina.

Tips saat Melakukan Ibadah Jumrah

  1. Memilih waktu yang tepat
    Pilih waktu yang tepat saat melakukan ibadah jumrah. Biasanya, waktu yang disarankan adalah saat matahari mulai terbenam.

  2. Menggunakan alas kaki yang nyaman
    Pastikan Anda menggunakan alas kaki yang nyaman saat melakukan ibadah jumrah. Sepatu sandal dan sepatu lari adalah pilihan yang baik.

  3. Membawa air minum
    Pastikan Anda membawa air minum yang cukup saat melakukan ibadah jumrah. Dengan cuaca yang panas di Mina, penting untuk selalu terhidrasi.

  4. Memakai pakaian yang nyaman
    Memakai pakaian yang nyaman dan berbahan ringan sangat penting saat melakukan ibadah jumrah.

BACA JUGA:   Pak Ibrar Tidak Melaksanakan Jumrah Maka Ibadah Hajinya Batal?