Skip to content
Home » Tgl Berapa Dzulhijjah Dilaksanakan Tawaf Ibadah Haji

Tgl Berapa Dzulhijjah Dilaksanakan Tawaf Ibadah Haji

Haji adalah ibadah yang istimewa bagi umat muslim. Mereka yang mampu melakukan haji menunaikan kewajiban agama yang sangat penting. Saat haji, ada beberapa ritual yang harus dilaksanakan, dan salah satunya adalah tawaf.

Tawaf adalah mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali secara berlawanan arah jarum jam. Namun, kapan sebenarnya tawaf ibadah haji dilaksanakan di bulan dzulhijjah?

Tawaf Ibadah Haji Dilaksanakan pada Tanggal Berapa?

Tawaf ibadah haji dilakukan pada hari ke-10 atau ke-11 bulan dzulhijjah. Tepatnya, tawaf ibadah haji dilakukan pada hari Arafah di Mina. Hari Arafah ini jatuh pada tanggal 9 Dzulhijjah.

Sebelum melakukan tawaf ibadah haji, para jamaah haji harus menunaikan wukuf di Arafah dan melakukan mabit di Muzdalifah pada malam harinya. Setelah itu, mereka pergi ke Mina pada hari berikutnya, yaitu pada tanggal 10 Dzulhijjah.

Di Mina, para jamaah haji menginap di tenda-tenda yang disediakan oleh panitia haji. Pada pagi harinya, mereka menuju Ka’bah untuk melaksanakan tawaf ifadah sebanyak tujuh kali.

Tawaf ifadah adalah tawaf yang dilakukan pada saat pelaksanaan haji. Setelah menunaikan tawaf ifadah, para jamaah haji kemudian melakukan sa’i dan tahallul, yaitu menggugurkan rambut atau mencukur kepala.

Kesimpulan

Tawaf ibadah haji dilaksanakan pada hari ke-10 atau ke-11 bulan dzulhijjah, tepatnya di Mina setelah menunaikan wukuf di Arafah dan mabit di Muzdalifah. Tawaf ifadah dilakukan sebanyak tujuh kali mengelilingi Ka’bah secara berlawanan arah jarum jam.

Bagi para jamaah haji, mengetahui kapan tawaf ibadah haji dilaksanakan sangat penting. Dengan mengetahui jadwal tawaf, mereka dapat mempersiapkan diri dengan baik dan melaksanakan ibadah haji dengan lancar. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin menunaikan ibadah haji.

BACA JUGA:   Panduan Lengkap Tentang Quota Ibadah Haji