Skip to content
Home » Tidak Melakukan Jumrah Maka Ibadah Hajinya: Apa Artinya?

Tidak Melakukan Jumrah Maka Ibadah Hajinya: Apa Artinya?

Ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan oleh setiap orang yang mampu dan mukim. Selain melaksanakan tugas-tugas tertentu di Mekkah dan sekitarnya, haji juga memiliki banyak hikmah yang dapat diambil sebagai pelajaran dan renungan. Salah satu tugas haji yang harus dilakukan adalah jumrah. Namun, jika seseorang tidak melaksanakan jumrah dengan sempurna, apakah ibadah hajinya tetap sah? Inilah yang menjadi pertanyaan banyak masyarakat.

Apa Itu Jumrah?

Jumrah adalah ritual melempar jumrah yang dilakukan oleh para jamaah haji di Mina. Ritual yang dilakukan pada hari ke-10 hingga ke-13 Zulhijah ini meliputi melempar jumrah Aqabah, jamarat Ula, dan jamarat Wustha. Melempar jumrah memiliki arti simbolis sebagai pengusiran setan dan mengekspresikan penolakan terhadap tipu daya setan.

Pentingnya Melakukan Jumrah

Melakukan jumrah merupakan bagian dari rukun haji yang harus dilakukan oleh setiap Muslim yang melaksanakan ibadah haji. Selain itu, melakukan jumrah juga menjadi tanda keserasian antara manusia dengan Allah SWT dan Sang Pencipta menghendaki bahwa manusia mengekspresikan kebenciannya pada setan yang selalu menggoda manusia.

Apa Yang Terjadi Jika Tidak Melakukan Jumrah?

Tidak melakukan jumrah akan sangat berpengaruh dalam melaksanakan ibadah haji. Menurut para ulama, ketika seseorang tidak melakukan jumrah, maka ibadah hajinya tidak sah. Namun, jika seseorang gagal karena kesalahan yang tidak disengaja dan sedikit keterlambatan dalam melaksanakan jumrah, maka hal ini dianggap kecil dan ia tidak perlu mengulanginya.

Kesimpulan

Ibadah haji merupakan momen yang sakral dan suci bagi setiap umat Muslim. Melaksanakan tugas-tugas haji dengan baik akan memastikan keberhasilan untuk mencapai tujuan umat Muslim untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan bermaaf-maafan dengan sesama Muslim. Jika seseorang tidak melakukan jumrah, maka hal ini akan mempengaruhi sah atau tidaknya ibadah hajinya. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan setiap tugas haji agar dapat melaksanakan ibadah haji dengan sempurna. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca.

BACA JUGA:   Pelaksanaan Ibadah Haji dan Muharram