Skip to content
Home » Tips Memilih Warna Baju Yang Tepat Untuk Umroh

Tips Memilih Warna Baju Yang Tepat Untuk Umroh

Umroh pake baju warna apa?

Umroh adalah salah satu ibadah yang diwajibkan di Islam. Ibadah ini memiliki aturan khusus yang harus diikuti oleh siapa pun yang ingin melaksanakannya. Salah satu aturan ini adalah mengenai baju yang harus dipakai pada saat melaksanakan ibadah umroh. Di sini, kami akan menjelaskan apa saja yang harus anda ketahui mengenai baju yang harus dipakai untuk umroh dan bagaimana cara memilih warna yang tepat.

Apa Itu Baju Ihram?

Baju ihram adalah pakaian tradisional yang dipakai saat melakukan ibadah umroh. Pakaian ini nantinya digunakan melakukan ibadah umroh, seperti thawaf. Baju ihram terdiri dari dua helai busana yang disusun dari kain tebal dan kain yang lebih tipis. Setiap helai baju ihram terbuat dari bahan yang berbeda. Kain yang lebih tebal digunakan untuk bagian atas, sedangkan kain yang lebih tipis digunakan untuk bagian bawah. Kedua bahannya harus dipisahkan oleh ikat pinggang yang disebut izar.

Hukum Memakai Baju Ihram dan Warna Apa yang Disunnahkan?

Menurut hukum Islam, anda harus memakai baju ihram saat melakukan ibadah umroh. Namun, terdapat beberapa dalil yang menunjukkan bahwa dianjurkan untuk memakai baju yang berwarna putih. Disebutkan dalam hadits bahwa Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam pernah bersabda:

“Tidak ada orang yang lebih menyukai pakaian putih selain dariku.” (HR. Muslim)

Hal ini menunjukkan bahwa menurut syariat Islam, warna putih adalah warna yang disarankan untuk baju ihram. Namun, anda juga boleh memakai baju ihram berwarna lain selama anda tidak melanggar aturan lain yang telah ditetapkan.

BACA JUGA:   Larangan Ibadah Umroh yang Perlu Kamu Ketahui

Bagaimana Cara Memilih Baju Ihram yang Tepat?

Ketika membeli baju ihram, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama, anda harus memastikan bahwa bahan yang digunakan adalah bahan yang lembut dan nyaman dipakai. Bahan yang terlalu keras atau tidak nyaman saat dipakai dapat mengganggu kenyamanan anda saat melakukan ibadah.

Kedua, anda juga harus mempertimbangkan ukuran baju. Ukuran yang tidak tepat dapat menyebabkan anda merasa tidak nyaman saat beribadah. Pastikan anda membeli baju ihram yang sesuai dengan ukuran tubuh anda.

Bagaimana Cara Menjaga Baju Ihram?

Setelah anda membeli baju ihram, anda harus menjaganya agar tetap bersih dan baru selama anda melakukan ibadah umroh. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mencuci baju ihram setelah setiap kali anda selesai beribadah. Anda juga harus mengganti baju ihram jika terlihat kusam atau tidak layak digunakan lagi.

Harga Baju Ihram

Harga baju ihram bervariasi tergantung pada jenis bahan yang digunakan dan tempat dimana anda membelinya. Baju ihram yang terbuat dari bahan tebal dan kualitas tinggi biasanya lebih mahal daripada baju ihram yang terbuat dari bahan yang lebih murah. Harga baju ihram juga biasanya lebih mahal jika anda membelinya di negara asalnya daripada jika anda membelinya di luar negeri.

Kapan Harus Memakai Baju Ihram?

Menurut syariat Islam, anda harus memakai baju ihram pada saat anda berangkat untuk melaksanakan ibadah umroh. Hal ini juga berlaku untuk ibadah haji. Anda harus memakai baju ihram pada saat anda mulai meninggalkan tanah suci, yaitu Mekkah, dan juga saat anda tiba di tanah suci, yaitu Madinah.

Kesimpulan

Baju ihram adalah pakaian tradisional yang dipakai saat melakukan ibadah umroh. Menurut hukum Islam, anda harus memakai baju ihram saat melakukan ibadah umroh. Disunnahkan memakai baju berwarna putih. Ketika membeli baju ihram, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti bahan yang digunakan, ukuran baju, dan harga baju. Anda juga harus menjaga baju ihram agar tetap bersih dan baru. Dan anda harus memakai baju ihram pada saat anda berangkat untuk melaksanakan ibadah umroh.

BACA JUGA:   Ibadah Umroh yang Mabrur: Panduan Lengkap untuk Para Jamaah

FAQ

Q1. Apa itu baju ihram?

A1. Baju ihram adalah pakaian tradisional yang dipakai saat melakukan ibadah umroh. Pakaian ini nantinya digunakan melakukan ibadah umroh, seperti thawaf. Kain yang lebih tebal digunakan untuk bagian atas, sedangkan kain yang lebih tipis digunakan untuk bagian bawah.

Q2. Apa hukum memakai baju ihram dan warna apa yang disunnahkan?

A2. Menurut hukum Islam, anda harus memakai baju ihram saat melakukan ibadah umroh. Disebutkan dalam hadits bahwa Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam pernah bersabda: “Tidak ada orang yang lebih menyukai pakaian putih selain dariku.” Hal ini menunjukkan bahwa menurut syariat Islam, warna putih adalah warna yang disarankan untuk baju ihram.

Q3. Bagaimana cara memilih baju ihram yang tepat?

A3. Ketika membeli baju ihram, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama, anda harus memastikan bahwa bahan yang digunakan adalah bahan yang lembut dan nyaman dipakai. Kedua, anda juga harus mempertimbangkan ukuran baju. Pastikan anda membeli baju ihram yang sesuai dengan ukuran tubuh anda.

Q4. Bagaimana cara menjaga baju ihram?

A4. Cara terbaik untuk menjaga b