Skip to content
Home » TIPS MENJADI HAJI YANG MAKMUR

TIPS MENJADI HAJI YANG MAKMUR

Bismillahirohmanirrohim,

Semoga kita semua termasuk orang yang diberikan kesempatan untuk menunaikan ibadah haji ke Baitullah yang Mabrur. Sebagai seorang muslim yang berniat menunaikan ibadah haji, tentu kita ingin menjadi haji yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, bukan?

Nah, untuk itu kita butuh tips dan trik bagaimana menjadi haji yang mabrur saat berada di tanah suci. Yuk simak ulasannya berikut ini!

Persiapan

Sebelum berangkat ke tanah suci, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan agar ibadah haji kita bisa menjadi lebih maksimal. Pertama adalah mempersiapkan diri secara mental, karena umrah dan haji merupakan perjalanan spiritual yang sangat membutuhkan kesiapan fisik dan mental. Kedua, persiapan fisik seperti kesehatan, kebugaran dan hal-hal lainnya yang mendukung kesehatan harus menjadi prioritas kita. Ketiga, jangan lupa mempersiapkan dana yang cukup untuk menunaikan ibadah haji sesuai aturan.

Menghindari Hal-Hal yang Menurut Islam Tidak Diperbolehkan Saat Haji

Selama menjalankan ibadah haji, ada beberapa hal yang perlu dihindari. Seperti hal-hal yang dapat merusak haji, mengurangi pahala, atau bahkan membatalkan haji.

Beberapa contoh hal yang harus dihindari adalah mengkonsumsi alkohol atau obat-obatan terlarang, berhubungan seksual, atau bahkan berbicara kasar.

Menghormati Tempat Ibadah

Saat melaksanakan ibadah haji, kita harus bisa menghormati tempat ibadah. Contohnya seperti tidak membuang sampah sembarangan, menjaga kebersihan lingkungan dan menaati aturan yang diberikan.

Berzikir dan Berdoa

Berzikir dan berdoa adalah salah satu ibadah haji yang harus kita lakukan. Kita harus bisa memperbanyak zikir dan doa yang dilakukan saat berada di Mekah dan Madinah, seperti membaca Al-Quran, shalat sunnah, tawaf dan sa’i, serta berdoa agar haji kita diterima oleh Allah SWT.

BACA JUGA:   Syarat Daftar Haji Bekasi

Berbagi Kebaikan

Selama berada di tanah suci, kita bisa memperbanyak kebaikan dengan berbagi kepada sesama. Ada banyak cara untuk berbagi kebaikan, seperti memberikan sedekah, memberikan makanan atau minuman kepada orang yang membutuhkan, dan sebagainya.

Kesimpulan

Dengan mengikuti tips dan trik di atas, kita diharapkan bisa menjadi haji yang mabrur dan mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT. Namun, jangan lupa kita harus mengikuti aturan dan tata cara ibadah haji yang sudah ditetapkan agar haji kita diterima oleh Allah SWT.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua yang sedang mempersiapkan diri untuk menunaikan ibadah haji tahun ini atau di lain waktu.

Wassalamualaikum.