Skip to content
Home » Tips Menjaga Kemabruran Haji

Tips Menjaga Kemabruran Haji

Haji merupakan salah satu rukun Islam yang harus dilakukan oleh setiap umat Islam yang mampu secara finansial dan fisik. Menjaga kemabruran haji menjadi tanggung jawab setiap muslim yang menunaikan ibadah ini. Banyak hal yang harus diperhatikan sebelum, selama, dan setelah menjalankan ibadah haji. Berikut ini adalah beberapa tips untuk menjaga kemabruran haji:

Persiapan Sebelum Berangkat ke Tanah Suci

Sebelum berangkat ke Tanah Suci, pastikan diri Anda telah melakukan persiapan yang matang seperti menjalankan ibadah sunah seperti puasa, shalat tahajud dan shalat malam. Selain itu jangan lupa untuk melakukan cek kesehatan, memberikan informasi kontak darurat kepada keluarga dan teman terdekat, serta memenuhi biaya pelunasan hutang.

Selama Di Tanah Suci

  1. Patuhi Peraturan

Patuhi semua aturan dan peraturan yang berlaku di Tanah Suci. Hal ini termasuk jangan membuang sampah sembarangan, menjaga kebersihan, tidak membawa barang-barang yang dilarang di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, serta tidak mengambil batu-batu di Muzdalifah.

  1. Menjaga Kesehatan

Pastikan Anda menjaga kesehatan selama di Tanah Suci. Jangan lupa membawa obat-obatan pribadi seperti obat sakit kepala atau obat untuk pencernaan. Hindari makanan yang tidak jelas asal-usulnya dan pilihlah makanan yang sudah diolah dengan baik. Selalu menjaga kebersihan diri dan tidak berdesakan saat berada di tempat-tempat umum.

  1. Sunnah-sunnah Haji

Usahakan untuk melaksanakan sunnah-sunnah haji seperti thawaf wada’, bermalam di Muzdalifah, dan wukuf di Arafah. Jangan lupa membawa jimat atau benda penolak mala serta membaca doa-doa yang telah diajarkan Rasulullah SAW.

Setelah Kembali dari Tanah Suci

  1. Memperbaiki Diri
BACA JUGA:   Daftar Calon Jemaah Haji 2018 Kabupaten Kotawaringin Timur

Setelah kembali dari Tanah Suci, pastikan diri Anda memperbaiki diri dan meningkatkan kualitas ibadah Anda. Jangan lupa menyumbang pada mereka yang kurang mampu dan melaksanakan ibadah sunah seperti shalat dhuha.

  1. Berbagi Cerita

Ceritakan pengalaman Anda selama menunaikan ibadah haji dengan keluarga dan teman terdekat. Sampaikan pesan-pesan moral dan nilai-nilai positif yang dapat diambil dari pengalaman tersebut.

  1. Menjaga Kemabruran Haji

Menjaga kemabruran haji menjadi tanggung jawab setiap muslim. Berdasarkan sabda Rasulullah SAW yang menyebutkan bahwa haji yang mabrur tidak lain adalah haji yang membawa perubahan pada diri seseorang, baik dari segi spiritual maupun sosial. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menjaga kemabruran haji melalui amal ibadah yang konsisten, taat pada ajaran Islam, serta memperbaiki diri secara terus-menerus.