Skip to content
Home » Tulisan Arab Doa Haji: Doa untuk Memperkuat Koneksi dengan Allah

Tulisan Arab Doa Haji: Doa untuk Memperkuat Koneksi dengan Allah

Haji adalah salah satu kewajiban bagi setiap umat Muslim yang mampu. Selama menjalankan ibadah haji, umat Muslim melaksanakan ritual-ritual yang sangat penting, salah satunya adalah doa haji.

Doa haji merupakan doa yang bertujuan untuk memperkuat koneksi dengan Allah dan mendapatkan keberkahan serta rahmatNya. Keberhasilan dalam menjalankan ibadah haji juga dipengaruhi oleh doa yang kuat dan tulus dari hati.

Berikut ini adalah tulisan arab doa haji yang bisa Anda amalkan selama menjalankan ibadah haji:

اللَّهُمَّ إِنَّهُ بَدَأَ لِمَحَاسِنِكَ بِحُجَّتِكَ فَاجْعَلْهَا هُجَّةً مَبْرُورَةً عُنْدَكَ إِنَّكَ تَهْدِي مَنْ تَشَاءُ إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ

Arab Latin: "Allahumma innahu badha’a limahasinika bihujjatika, faj’alha hujjatan mabruratan ‘indaka innaka tahdii man tasyaa`u ilaa shiraatin mustaqiim"
Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya dia telah berangkat karena kebaikan-kebaikan yang Engkau miliki, maka jadikanlah haji ini suatu haji yang diterima di sisimu, sesungguhnya Engkau yang memberi petunjuk kepada siapa yang Engkau kehendaki ke jalan yang lurus."

Doa ini sangat penting dilantunkan di awal-awal perjalanan haji. Dengan mengucapkan doa ini, kita memohon kepada Allah agar memberikan petunjuk dan keberkahan selama menjalankan ibadah haji.

لَبَّيْكَ مِنْ حَجًّا وَعُمْرَةً

Arab Latin: "Labbaik min hajjin wa ‘umrah"
Artinya: "Aku datang memenuhi panggilan-Mu untuk haji dan umrah"

Ini adalah kalimat yang paling sering diucapkan oleh jamaah haji saat memasuki kota suci Makkah. Kalimat ini mengandung makna bahwa kita siap memenuhi panggilan Allah untuk menjalankan ibadah haji dan umrah.

BACA JUGA:   Doa Manasik Haji untuk TK

اللَّهُمَّ زِدْ هَذَا الْبَيْتَ تَشْرِيفًا وَتَعْظِيمًا وَتَكْرِيْمًا وَجَعَلْهُ مَبَرُّكًا كَمَا جَعَلْتَ مَبَارَكًا بَيْتَاً لِإِبْرَاهِيْمَ وَأَهْلِ بَيْتِهِ

Arab Latin: "Allahummah zid hadzal baita tasyrifa wa ta’dziima wa takriima, waj’alhu mabrukan kama ja’al-ta mubarakan baitan li Ibrahiima wa ahli baitihi"
Artinya: "Ya Allah, tambahkanlah kemuliaan, keagungan, dan penghormatan untuk rumah ini, dan jadikanlah rumah ini diberkahi seperti Engkau telah memberkahi rumah Ibrahim dan keluarganya."

Doa ini disampaikan setelah tawaf saat berada di depan Kabah. Kita memohon kepada Allah agar memberikan keberkahan untuk Kabah sebagai rumah suci umat Muslim.

حَسْبِيَ اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ

Arab Latin: "Hasbiyallaahu wa ni’mal wakeel"
Artinya: "Cukuplah Allah menjadi penolongku, dan Dia adalah sebaik-baik pelindung"

Doa ini mengandung pengharapan bahwa hanya kepada Allah-lah kita berserah diri dan memohon perlindungan serta pertolongan-Nya. Kita diselamatkan oleh-Nya dan kita percaya bahwa Dia akan senantiasa melindungi kita kapanpun dan dimanapun.

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Arab Latin: "Rabbana atina fiddunya hasanah, wa fil akhirati hasanah, waqina `adhaban-nar"
Artinya: "Ya Tuhan kami, karuniakanlah kepada kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan peliharalah kami dari siksa neraka."

Doa ini mengandung harapan umat Muslim agar diberikan kebaikan dan perlindungan dari Allah SWT. Kita memohon agar selalu dilindungi dari siksa neraka dan diberikan keberkahan di dunia dan akhirat.

Agar doa haji dapat dikabulkan oleh Allah, kita perlu mengucapkannya dengan sungguh-sungguh, penuh keyakinan dan harapan dalam hati. Semoga doa kita selalu didengar dan dikabulkan oleh Allah SWT. Aamiin.