Skip to content
Home » Ukur Berat Koper Haji Yang Ideal Sebelum Berangkat Ke Tanah Suci

Ukur Berat Koper Haji Yang Ideal Sebelum Berangkat Ke Tanah Suci

Berapa berat koper haji?

Berapa Berat Koper Haji?

Pemilihan berat koper yang tepat merupakan salah satu faktor penting dalam persiapan haji. Berat koper yang terlalu berat atau terlalu ringan dapat menyebabkan kerugian bagi calon jemaah haji (CJH) karena dikenakan biaya tambahan atau kehilangan barang. Oleh karena itu, Kementerian Agama (Kemenag) Ponorogo telah menetapkan berat maksimum yang dapat dibawa oleh CJH sebesar 15 kilogram.

Koper CJH Tiba di Embarkasi Lebih Dulu

Minggu (5/6/2022) disebut sebagai hari bersejarah bagi 194 CJH asal Ponorogo. Koper-koper mereka sudah berada di Kantor Kemenag Ponorogo. Hal ini memudahkan pihak Kemenag dalam melakukan pemeriksaan dan penimbangan koper CJH. Setelah semua koper telah ditimbang, Kemenag Ponorogo menetapkan berat maksimum yang dapat dibawa oleh CJH sebesar 15 kilogram.

Berat Koper Maksimum 15 Kilo

Kemenag Ponorogo telah mengumumkan bahwa berat koper maksimum yang dapat dibawa oleh CJH adalah 15 kilogram. Hal ini sebagai upaya untuk mencegah kerugian bagi CJH. Berat koper yang melebihi 15 kilogram akan dikenakan biaya tambahan. Adapun berat minimum koper yang dapat dibawa adalah 5 kilogram. Koper yang beratnya di bawah 5 kilogram akan dikenakan biaya kurang.

Koper Harus Ditimbang di Kantor Kemenag

Untuk memastikan berat koper tepat, Kemenag menyarankan CJH untuk membawa koper mereka ke Kantor Kemenag Ponorogo. Di sana, koper akan ditimbang dan ditandatangani oleh petugas Kemenag. Oleh karena itu, CJH harus memastikan bahwa berat koper mereka tidak melebihi 15 kilogram.

BACA JUGA:   Panduan Lengkap Meraih Haji Mabrur

Berat Koper yang Ideal

Berat koper yang ideal adalah berat koper yang dibawah batas maksimum yaitu 15 kilogram. Berat koper yang ideal dapat memastikan bahwa CJH tidak dikenakan biaya tambahan atau kehilangan barang. Selain itu, berat koper yang ideal juga akan memudahkan proses pemeriksaan dan pengawasan di bandara.

Penggunaan Barang dan Alat Bantu

Untuk memastikan berat koper tepat, Kemenag juga menyarankan CJH untuk menggunakan barang dan alat bantu. Barang-barang yang dapat membantu mengurangi berat koper adalah tas tangan, keranjang atau troli. CJH juga dapat memiliki peralatan yang berguna untuk membuat proses pembawaan koper lebih mudah.

Kesimpulan

Berat koper yang tepat merupakan salah satu faktor penting dalam persiapan haji. Kemenag Ponorogo telah menetapkan berat maksimum yang dapat dibawa oleh CJH sebesar 15 kilogram dan berat minimum sebesar 5 kilogram. CJH disarankan untuk membawa koper mereka ke Kantor Kemenag Ponorogo untuk ditimbang dan ditandatangani oleh petugas Kemenag. Selain itu, CJH disarankan untuk menggunakan barang dan alat bantu untuk membantu mengurangi berat koper. Dengan cara ini, CJH dapat memastikan bahwa berat koper mereka tidak melebihi 15 kilogram.