Skip to content
Home » Usia Minimal Mendaftar Haji

Usia Minimal Mendaftar Haji

Haji adalah salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan oleh setiap orang yang sudah memenuhi syarat untuk melakukannya. Usia minimal mendaftar haji adalah persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon jamaah haji.

Syarat dan Ketentuan Usia Minimal Mendaftar Haji

Menurut Departemen Agama, usia minimal mendaftar haji adalah 40 tahun. Bagi mereka yang belum mencapai usia tersebut, tetap bisa mendaftar sebagai pendamping haji yang berusia minimal 17 tahun dan sudah menikah. Namun, mereka harus menjadi pendamping anggota jemaah dengan status suami atau istri.

Selain itu, calon jamaah haji harus juga memenuhi syarat kesehatan, memiliki paspor, serta memiliki sertifikat kesehatan yang menyatakan bahwa mereka bebas dari penyakit menular seperti COVID-19.

Prosedur Mendaftar Haji

Untuk mendaftar haji, calon jamaah harus datang ke kantor Kementerian Agama setempat dan membawa beberapa dokumen seperti:

  • KTP asli dan fotokopi
  • Paspor asli dan fotokopi
  • Sertifikat kesehatan
  • Akta kelahiran atau KK asli dan fotokopi

Setelah itu, calon jamaah akan diberikan formulir pendaftaran haji yang harus diisi secara lengkap dan benar. Setelah formulir diisi, selanjutnya adalah proses verifikasi data oleh Kementerian Agama. Jika semua syarat dipenuhi, calon jamaah akan dinyatakan lolos verifikasi dan dapat membayar biaya keberangkatan ke Arab Saudi.

Biaya dan Rincian Biaya Haji

Biaya keberangkatan haji bervariasi setiap tahunnya dan ditentukan oleh Kementerian Agama. Biaya tersebut meliputi biaya transportasi, akomodasi, makanan, serta ibadah haji. Harga tersebut sangat mahal dan membutuhkan persiapan keuangan yang matang.

Rincian biaya haji yang harus disiapkan oleh calon jamaah antara lain:

  • Biaya Pendaftaran: sekitar Rp 25 juta
  • Biaya Transportasi: sekitar Rp 30 – 40 juta
  • Biaya Akomodasi: sekitar Rp 15 – 20 juta
  • Biaya Makanan: sekitar Rp 10 juta
  • Biaya Ibadah: sekitar Rp 5 juta
BACA JUGA:   Syarat Pemulangan Ibadah Haji Sakit

Kesimpulan

Demikianlah informasi mengenai usia minimal mendaftar haji. Bagi Anda yang ingin melaksanakan ibadah haji, pastikan untuk memenuhi semua syarat dan persyaratan yang ditentukan oleh Kementerian Agama. Persiapkan juga keuangan dengan matang agar tidak terkendala saat beribadah di Tanah Suci. Mari kita doakan agar kita semua dapat melaksanakan ibadah haji dengan lancar dan diterima oleh Allah SWT.