Skip to content
Home ยป Wajib Umroh Bagi Siapa Saja? Yuk, Kenali Syarat-Syaratnya!

Wajib Umroh Bagi Siapa Saja? Yuk, Kenali Syarat-Syaratnya!

Siapa yang wajib umroh?

Siapa Yang Wajib Umroh?

Mengingat pentingnya ibadah umroh, maka tidak heran jika banyak orang yang bertanya siapa saja yang wajib untuk melaksanakan ibadah umroh. Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, terlebih dahulu kita harus mengetahui apa itu ibadah umroh.

Ibadah umroh adalah salah satu ibadah yang diperintahkan oleh Allah SWT. Ibadah ini berbeda dengan ibadah haji, sebab umroh hanya dilakukan sekali saja dalam satu tahun. Ibadah umroh ditujukan bagi orang-orang yang mempunyai kemampuan dan memiliki uang yang cukup untuk melaksanakannya.

Setelah mengetahui apa itu umroh, sekarang kita bisa menjawab siapa saja yang wajib untuk melaksanakan ibadah umroh. Berdasarkan syariat Islam, ada beberapa syarat wajib umrah yang cukup mendasar untuk dipenuhi. Antara lain:

  • Beragama Islam
  • Baligh
  • Berakal Sehat
  • Mampu
  • Merdeka

Syarat-syarat tersebut merupakan syarat wajib yang harus dipenuhi oleh setiap orang yang ingin melaksanakan ibadah umroh. Selain itu, ada beberapa keadaan yang tidak dipersyaratkan namun masih diperbolehkan untuk melaksanakan ibadah umroh. Keadaan-keadaan tersebut antara lain sebagai berikut:

Kemampuan Membayar

Kemampuan membayar adalah salah satu syarat yang masih diperbolehkan untuk melaksanakan ibadah umroh. Meskipun tidak wajib, namun kemampuan membayar sangat diperlukan untuk melaksanakan ibadah umroh. Hal ini dikarenakan biaya umroh ini tidak murah, namun bisa jadi murah jika dibandingkan dengan ibadah haji.

Kondisi Fisik dan Mental yang Sehat

Selain kemampuan membayar, kondisi fisik dan mental juga diperbolehkan untuk melaksanakan ibadah umroh. Kondisi fisik yang sehat adalah syarat yang harus dipenuhi oleh setiap orang yang akan melaksanakan ibadah umroh. Hal ini dikarenakan ibadah umroh ini tidak mudah untuk dilakukan. Ibadah umroh membutuhkan fisik yang sehat agar ibadah ini bisa dilaksanakan dengan baik.

BACA JUGA:   Cara Daftar Paket Umroh Axis

Memiliki Waktu yang Tepat

Selain itu, memiliki waktu yang tepat juga merupakan syarat yang masih diperbolehkan untuk melaksanakan ibadah umroh. Kebanyakan orang yang berumroh biasanya memilih waktu yang tepat untuk melaksanakan ibadah umroh agar ibadah ini bisa dilaksanakan dengan baik.

Kesimpulan

Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa syarat wajib untuk melaksanakan ibadah umroh adalah beragama Islam, baligh, berakal sehat, mampu, dan merdeka. Selain itu, ada beberapa syarat yang masih diperbolehkan untuk melaksanakan ibadah umroh, yaitu memiliki kemampuan membayar, memiliki kondisi fisik dan mental yang sehat, serta memiliki waktu yang tepat.