Skip to content
Home » Yang Berhak Dapat Zakat Mall

Yang Berhak Dapat Zakat Mall

Zakat adalah salah satu kewajiban bagi umat Muslim di seluruh dunia. Salah satu jenis zakat yang umumnya diketahui adalah zakat fitrah dan zakat maal.

Pada artikel ini, kita akan membahas tentang salah satu jenis zakat yang kurang dikenal, yaitu zakat mall. Zakat mall diberikan kepada orang-orang yang memenuhi syarat tertentu dan memiliki harta yang cukup untuk diberikan zakat.

Apa itu Zakat Mall?

Zakat mall adalah zakat yang diberikan dari harta kekayaan yang dimiliki seseorang. Zakat ini diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan dan tidak mampu memenuhi kebutuhan dasar mereka.

Siapa Yang Berhak Dapat Zakat Mall?

Orang yang berhak menerima zakat mall adalah orang yang tergolong dalam delapan kategori sebagai berikut:

  1. Fakir: Orang yang tidak memiliki apa-apa dan sangat membutuhkan bantuan.

  2. Miskin: Orang yang memenuhi kebutuhan dasar mereka, tetapi masih membutuhkan bantuan untuk mempertahankan hidup mereka.

  3. Amil: Orang yang ditugaskan untuk mengumpulkan zakat dan mendistribusikannya kepada yang berhak menerima.

  4. Muallaf: Orang yang baru masuk Islam dan akan membutuhkan bantuan untuk mencapai tingkat kemandirian.

  5. Riqab: Orang yang tidak memiliki kekuatan untuk membebaskan dirinya dari perbudakan atau hutang.

  6. Gharimin: Orang yang memiliki utang dan tidak mampu membayar kembali.

  7. Fisabilillah: Orang-orang yang berjuang di jalan Allah dan membutuhkan bantuan.

  8. Ibnu Sabil: Orang-orang yang sedang melakukan perjalanan yang jauh dan membutuhkan bantuan.

Bagaimana Cara Menghitung Zakat Mall?

Untuk menghitung zakat mall, pertama ketahui jumlah harta yang dimiliki. Kemudian, hitung zakatnya dengan cara mengalikan 2,5% dengan nilai harta yang dimiliki.

BACA JUGA:   Berapa Nisab Zakat Mal Berupa Binatang Ternak

Contohnya, jika seseorang memiliki harta senilai 50 juta rupiah maka zakat mall yang harus dikeluarkan sebesar 1,25 juta rupiah.

Bagaimana Cara Membayar Zakat Mall?

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk membayar zakat mall. Pertama, zakat mall dapat langsung diberikan kepada yang membutuhkan melalui amil zakat. Kedua, zakat mall dapat disalurkan melalui lembaga-lembaga zakat seperti dompet dhuafa atau lembaga zakat setempat.

Kesimpulan

Zakat mall adalah bentuk zakat yang diberikan dari harta kekayaan seseorang untuk membantu orang-orang yang membutuhkan. Orang-orang yang berhak menerima zakat mall tergolong dalam delapan kategori seperti fakir atau miskin. Untuk menghitung zakat mall, digunakan rumus 2,5% dari nilai harta yang dimiliki. Untuk membayar zakat mall, terdapat beberapa cara yang dapat digunakan seperti melalui amil zakat atau lembaga-lembaga zakat seperti dompet dhuafa. Dengan membayar zakat mall, kita dapat membantu orang-orang yang membutuhkan dan menunaikan kewajiban kita sebagai umat Muslim.