Skip to content
Home » Yang Berhak Menerima Zakat Fitrah Idul Fitri

Yang Berhak Menerima Zakat Fitrah Idul Fitri

Yang Berhak Menerima Zakat Fitrah Idul Fitri

Saat bulan Ramadhan, banyak umat Muslim yang mempersiapkan diri untuk menjalankan ibadah zakat fitrah. Zakat fitrah adalah zakat yang dikeluarkan pada hari raya Idul Fitri, sebagai wujud syukur atas segala nikmat dan keberhasilan yang Allah berikan kepada kita selama bulan suci Ramadhan. Zakat fitrah juga menjadi bagian dari ibadah yang tidak boleh diabaikan.

Namun, jika Anda masih bingung mengenai siapa yang berhak menerima zakat fitrah, artikel ini akan mengupasnya secara lengkap.

Siapa yang Berhak Menerima Zakat Fitrah Idul Fitri?

Ada beberapa kelompok yang berhak menerima zakat fitrah, antara lain:

1. Fakir Miskin

Fakir miskin adalah orang yang tidak memiliki harta sama sekali atau harta yang dimilikinya tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Mereka termasuk dalam golongan mustahik yang berhak menerima zakat.

2. Orang yang Berhutang

Orang yang berhutang juga termasuk dalam golongan mustahik yang berhak menerima zakat. Jika hutang yang dimilikinya adalah hutang yang sah dan tidak mampu untuk dilunasi, maka ia berhak menerima zakat fitrah.

3. Amil Zakat

Amil zakat adalah orang yang diberi wewenang untuk mengumpulkan dan menyalurkan zakat, namun keberadaannya sangat diperlukan. Sebab, tanpa adanya amil, zakat tidak bisa tersalurkan dengan baik.

4. Muallaf

Muallaf adalah orang yang baru masuk Islam dan belum memiliki harta sama sekali. Mereka juga termasuk dalam golongan mustahik yang berhak menerima zakat.

BACA JUGA:   Yang Wajib Zakat: Panduan Lengkap tentang Zakat

5. Budak

Budak yang ingin memerdekakan dirinya juga termasuk dalam golongan mustahik yang berhak menerima zakat fitrah.

6. Orang yang Terjebak dalam Perjalanan

Orang yang sedang dalam perjalanan dengan jarak minimal 85 km dan kebutuhannya mencukupi, termasuk dalam golongan mustahik yang berhak menerima zakat.

7. Mustahik Lokal

Mustahik lokal adalah orang miskin yang tinggal dalam satu lingkup wilayah yang sama dengan pemberi zakat. Orang ini termasuk dalam golongan mustahik yang berhak menerima zakat fitrah.

8. Orang yang Harus Membayar Fidyah

Orang yang sedang dalam keadaan sakit dan tidak mampu untuk berpuasa ketika sedang bulan Ramadhan dikenai hutang puasa yang harus dilunasi dengan membayar fidyah. Orang ini juga termasuk dalam golongan mustahik yang berhak menerima zakat.

Jumlah Zakat Fitrah yang Dikeluarkan

Jumlah zakat fitrah yang dikeluarkan setiap orang berbeda-beda, bergantung pada kemampuan masing-masing. Setiap orang wajib membayar zakat fitrah sebanyak satu sha’ kurma atau gandum, yang beratnya sekitar 2,5 kg. Jika seseorang mampu untuk membayar zakat fitrah lebih dari itu, maka dianjurkan untuk membayar lebih.

Kesimpulan

Itulah beberapa kelompok yang berhak menerima zakat fitrah. Jangan lupa untuk membayar zakat fitrah sebelum hari raya Idul Fitri. Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi panduan Anda dalam menunaikan ibadah Zakat Fitrah.