Skip to content
Home » Yang Berhak Menerima Zakat Mal

Yang Berhak Menerima Zakat Mal

Zakat Mal atau zakat harta adalah salah satu dari lima rukun Islam. Sedangkan zakat sendiri berarti memberikan sejumlah harta kepada pihak yang berhak menerimanya dengan tujuan untuk membersihkan harta dan menjaga solidaritas sesama umat Islam. Namun, masih banyak yang bertanya-tanya siapa saja yang berhak menerima zakat mal?

Fakir Miskin

Fakir miskin atau orang yang tidak mempunyai apapun untuk bisa hidup layak adalah orang pertama yang berhak menerima zakat mal. Mereka tidak memiliki rumah yang layak, sandang yang memadai, tidak punya makanan yang cukup, dan tidak punya pendidikan yang layak. Mereka membutuhkan bantuan untuk bisa hidup layak seperti orang lainnya.

Mualaf

Mualaf adalah orang yang baru masuk islam. Mereka membutuhkan bantuan dan dukungan dari umat muslim lainnya untuk bisa memenuhi kebutuhan hidup sebagai muslim baru.

Orang yang Berjuang dalam Jalan Allah

Orang yang berjuang dalam jalan Allah seperti ulama, pengkhotbah, dan guru. Mereka mempunyai tugas untuk menyebarkan agama Islam dan mengajarkan syariah kepada umat muslim lainnya.

Budak

Budak yang ingin membebaskan diri dari perbudakan bisa menerima zakat mal sebagai bantuan untuk membeli kebebasan. Namun, zakat mal yang diterima oleh budak harus dipakai untuk membeli kebebasan dan bukan untuk membeli hawa nafsu lainnya.

Orang yang Terlilit Utang dan tidak Memiliki Penghasilan

Orang yang terlilit utang dan tidak memiliki penghasilan adalah orang yang berhak menerima zakat mal. Mereka mempunyai kewajiban membayar utang namun tidak punya penghasilan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup.

BACA JUGA:   "Yang merupakan syarat syarat harta yang wajib dikeluarkan zakatnya"

ini adalah daftar orang yang berhak menerima zakat mal. Agar anda dapat membagi zakat mal dengan baik, ada baiknya untuk mempelajari panduan zakat melalui buku-buku atau seminar yang diselenggarakan di tempat anda tinggal. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang ingin membagi zakat mal dengan baik.