Skip to content
Home ยป Yang Berhak Menerima Zakat Warisan

Yang Berhak Menerima Zakat Warisan

Dalam Islam, zakat merupakan salah satu rukun Islam yang harus ditaati oleh setiap umat Islam. Zakat merupakan kewajiban bagi setiap orang yang mampu untuk membayar zakat dengan jumlah yang telah ditentukan oleh syariah Islam. Salah satu jenis zakat yang wajib dibayarkan adalah zakat warisan.

Zakat warisan adalah zakat yang diberikan oleh ahli waris kepada yang berhak menerima setelah dihitung dari harta yang ditinggalkan oleh pemberi warisan. Zakat warisan dapat diberikan kepada keluarga yang memang layak menerimanya dan tujuan utamanya adalah untuk membantu meringankan beban hidup keluarga penerima zakat yang kurang mampu.

Berikut ini adalah daftar yang berhak menerima zakat warisan:

1. Fakir Miskin

Fakir miskin atau orang yang hidup dalam kemiskinan merupakan salah satu yang berhak menerima zakat warisan. Fakir miskin ini harus diprioritaskan dalam menerima zakat warisan karena mereka memiliki kebutuhan yang sangat mendesak, seperti kebutuhan sandang, pangan, dan papan. Sedikit bantuan dari zakat warisan dapat membantu mereka meningkatkan taraf hidupnya.

2. Keluarga yang Memiliki Kebutuhan Mendesak

Selain fakir miskin, keluarga yang memiliki kebutuhan mendesak juga termasuk yang berhak menerima zakat warisan. Keluarga yang memiliki kebutuhan mendesak dapat mencakup keluarga dengan anggota yang sakit, lanjut usia, atau memiliki cacat fisik. Pemberian zakat warisan dapat membantu mereka dalam memenuhi kebutuhan kesehatan dan kebutuhan dasar lainnya.

3. Orang yang Berhutang

Orang yang memiliki hutang juga termasuk yang berhak menerima zakat warisan. Dalam keadaan terdesak, orang yang memiliki hutang membutuhkan bantuan finansial untuk membayar hutangnya. Dalam hal ini, zakat warisan dapat membantu mereka mengurangi beban hutang yang mereka tanggung.

BACA JUGA:   Mengapa Allah Memerintahkan Kita Berzakat? Jelaskan!

4. Janda dan Anak-Anak Yatim

Janda dan anak-anak yatim merupakan golongan yang paling rentan dan membutuhkan bantuan paling mendesak. Mereka menjadi tanggung jawab kita bersama untuk membantu mereka dalam mencukupi kebutuhannya. Pemberian zakat warisan dapat membantu meringankan beban hidup mereka yang telah kehilangan orang yang dicintai.

5. Orang yang Terlibat dalam Dakwah

Orang yang terlibat dalam dakwah dan memberikan manfaat bagi masyarakat juga termasuk yang berhak menerima zakat warisan. Para aktivis dakwah seringkali berjuang tanpa upah untuk membantu seluruh anggota masyarakat. Pemberian zakat warisan dapat membantu para aktivis dalam melakukan dakwah dan memberikan manfaat kepada masyarakat.

Kesimpulan

Zakat warisan merupakan salah satu jenis zakat yang wajib dibayarkan oleh setiap ahli waris yang menerima harta warisan. Zakat warisan dapat membantu meringankan beban hidup orang yang membutuhkan di sekitar kita. Oleh karena itu, sebagai umat Islam yang bertanggung jawab, kita harus memastikan zakat kita benar-benar sampai kepada yang berhak menerimanya. Mari bersama-sama mempraktekkan nilai ukhuwah Islamiyah dengan membantu mereka yang membutuhkan.