Skip to content
Home » Yang Harus Membayar Zakat Fitrahnya Pembantu Rumah Tangga

Yang Harus Membayar Zakat Fitrahnya Pembantu Rumah Tangga

Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap umat Muslim pada bulan Ramadan. Zakat fitrah dapat dihitung berdasarkan berat dari makanan pokok yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat setempat, seperti beras, jagung, atau gandum.

Dalam Islam, zakat fitrah memiliki tujuan untuk membersihkan jiwa serta membantu orang yang membutuhkan. Selain itu, pembayaran zakat fitrah juga dapat menjadi sarana untuk memperoleh ampunan serta menghapuskan dosa-dosa.

Namun, siapa saja yang harus membayar zakat fitrah? Apakah termasuk pembantu rumah tangga?

Menurut pendapat mayoritas ulama, pembantu rumah tangga yang bekerja dan mendapatkan upah dalam setahun yang cukup, diwajibkan untuk membayar zakat fitrah. Hal ini ditegaskan dalam hadis yang berbunyi: "Wajib bagi setiap Muslim untuk membayar zakat fitrah, baik orang kaya maupun orang miskin, lelaki maupun perempuan, kecuali anak kecil dan orang gila yang tidak bertanggung jawab."

Lebih lanjut, pembantu rumah tangga yang bekerja selama setahun penuh dan mampu memenuhi kebutuhan hidupnya, maka mereka memiliki kewajiban untuk membayar zakat fitrah. Hal ini dilakukan agar mereka juga memiliki peran dalam membantu saudara-saudaranya yang kurang mampu.

Sebagai seorang muslim, kita harus memahami bahwa membayar zakat fitrah merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan setiap tahunnya. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk menyediakan zakat fitrah sebelum Idul Fitri tiba.

Bagaimana caranya untuk menghitung zakat fitrah pembantu rumah tangga? Zakat fitrah untuk setiap orang dihitung berdasarkan berat makanan pokok yang tingkatannya sudah diatur oleh masyarakat setempat. Biasanya, zakat fitrah dihitung dengan menggunakan besaran satu sha’ atau sekitar tiga kilogram.

Jika dihitung berdasarkan besaran satu sha’, maka pembantu rumah tangga yang bekerja selama setahun penuh dan mampu memenuhi kebutuhan hidupnya harus membayar zakat fitrah sebanyak tiga kilogram makanan pokok seperti beras atau gandum.

BACA JUGA:   Apa yang Dimaksud dengan Waktu Takjil dalam Pelaksanaan Zakat Fitrah

Oleh karena itu, sebagai seorang muslim hendaknya kita selalu mengingatkan pembantu rumah tangga kita tentang kewajiban membayar zakat fitrah.

Untuk itu, kita harus selalu berusaha untuk memperkuat hubungan dengan Allah SWT. Salah satu caranya adalah dengan membayar zakat fitrah setiap tahun secara tepat waktu dan proporsional. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kita keberkahan dalam segala hal yang kita lakukan. Aamiin.