Skip to content
Home » Yang Wajib Membayar Zakat Disebut

Yang Wajib Membayar Zakat Disebut

Zakat adalah salah satu pilar dari agama Islam. Setiap umat muslim yang mampu diwajibkan untuk membayar zakat sebagai bentuk kepedulian kepada sesama yang membutuhkan. Namun, siapa saja yang harus membayar zakat? Artikel ini akan membahas tentang "yang wajib membayar zakat disebut" dalam agama Islam.

Pengertian Zakat

Sebelum membahas tentang siapa saja yang wajib membayar zakat, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu zakat. Zakat adalah kewajiban setiap umat muslim yang mampu untuk memberikan sebagian harta yang dimilikinya kepada orang yang membutuhkan.

Zakat sendiri memiliki beberapa macam, di antaranya zakat fitrah, zakat maal, zakat penghasilan, dan zakat hewan. Yang akan dibahas dalam artikel ini adalah zakat maal.

Yang Wajib Membayar Zakat Maal

Zakat maal adalah zakat yang dikeluarkan dari harta yang dimiliki oleh seorang muslim. Siapa saja yang harus membayar zakat maal? Berikut adalah beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh seseorang agar diwajibkan untuk membayar zakat maal:

1. Merupakan Orang Islam

Kewajiban membayar zakat hanya berlaku bagi umat muslim. Orang non-muslim tidak diwajibkan untuk membayar zakat, kecuali jika ia sendiri ingin mengeluarkan zakat sebagai bentuk amal kebaikan.

2. Memiliki Harta yang Mencapai Nisab

Nisab adalah batas minimal jumlah harta yang harus dimiliki oleh seseorang agar diwajibkan untuk membayar zakat maal. Besar nisab ini sendiri berbeda-beda tergantung pada jenis harta yang dimiliki.

Contoh nisab untuk zakat emas adalah 85 gram, sedangkan untuk zakat perak adalah 595 gram. Jadi, jika seseorang memiliki 85 gram emas atau 595 gram perak, maka ia diwajibkan untuk membayar zakat.

BACA JUGA:   Berapa Kg Zakat Fitrah?

3. Hartanya Telah Berada di Tangan Selama Satu Tahun

Harta yang dimiliki oleh seseorang harus telah berada di tangannya selama satu tahun penuh. Ini bertujuan agar dapat dipastikan bahwa harta tersebut merupakan milik sah yang diakui sebagai harta yang wajib dikeluarkan zakatnya.

4. Harta Tersebut Melebihi Kebutuhan Pokok Selama Satu Tahun

Harta yang dimiliki harus melebihi kebutuhan pokok selama satu tahun. Kebutuhan pokok disini meliputi makanan, pakaian, tempat tinggal, dan kebutuhan lainnya yang diperlukan sehari-hari.

Jadi, jika seseorang memenuhi keempat syarat di atas, maka ia diwajibkan untuk membayar zakat maal.

Kesimpulan

Zakat merupakan suatu kewajiban bagi setiap umat muslim yang mampu. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh seseorang agar diwajibkan untuk membayar zakat maal, di antaranya adalah orang muslim, memiliki harta yang mencapai nisab, hartanya telah berada di tangan selama satu tahun, dan hartanya melebihi kebutuhan pokok selama satu tahun.

Jadi, bagi umat muslim yang memenuhi syarat-syarat tersebut, hendaklah membayar zakat dengan ikhlas dan berbagai kepada sesama yang membutuhkan. Semoga artikel ini dapat membantu menjadi referensi bagi umat muslim yang ingin mengetahui siapa saja yang wajib membayar zakat.