Skip to content
Home » Yuk, Pahami Zakat: Yang Wajib Zakat Hanya Orang yang…

Yuk, Pahami Zakat: Yang Wajib Zakat Hanya Orang yang…

Zakat merupakan rukun Islam yang wajib dipenuhi oleh umat Muslim yang mampu. Zakat secara bahasa berarti "pembersihan", sedangkan secara syariah berarti memberikan sebagian dari harta kekayaan yang dimiliki kepada yang berhak menerima. Zakat memiliki tujuan untuk memperbaiki sistem ekonomi dan sosial dalam masyarakat Islam.

Namun, meskipun zakat sudah menjadi kewajiban bagi umat Muslim, masih banyak di antara kita yang belum paham tentang zakat dan kapan waktunya menunaikan zakat. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang yang wajib zakat hanya orang yang…

Yang Wajib Zakat Hanya Orang yang…

1. Mencapai Nishab

Nishab adalah batas minimum harta yang harus dipenuhi untuk dapat dikenakan zakat. Nishab yang berlaku dalam Islam adalah sebesar 85 gram emas atau setara dengan jumlah harta yang mencapai 312,5 gram perak. Jadi, seseorang baru wajib membayar zakat jika harta kekayaannya mencapai nishab dalam waktu satu tahun hijriyah.

2. Memiliki Jenis Harta Tertentu

Jenis harta yang wajib dikenakan zakat adalah harta yang bertumbuh atau produktif seperti emas, perak, logam mulia, uang tunai, tanah yang dimiliki untuk investasi. Sedangkan harta yang tidak produktif seperti rumah tinggal, kendaraan pribadi atau harta yang hanya digunakan sendiri, tidak wajib dikenakan zakat.

3. Telah Lewat Tahun Hijriyah

Seseorang juga baru wajib menunaikan zakat jika dalam satu tahun hijriyah kekayaannya mencapai nishab. Jadi, jika dalam waktu tersebut kekayaannya belum mencapai nishab, maka tidak wajib bayar zakat.

BACA JUGA:   Mengapa Muzakki Diharamkan Menerima Zakat?

4. Dapat Dikeluarkan dari Kekayaan

Harta yang dimiliki harus dapat dikeluarkan dan digunakan. Sehingga, jika seseorang memiliki harta tetapi tidak dapat dikeluarkan atau tidak dapat digunakan, maka harta tersebut tidak wajib dikenakan zakat.

5. Tidak Dibayar Pajak

Pada prinsipnya, zakat adalah kewajiban bagi umat Muslim yang berada dalam keadaan mampu dan memenuhi syarat untuk membayar zakat. Oleh karena itu, zakat tidak dapat digabungkan dengan pajak yang sudah dibayar.

Kesimpulan

Sekarang kita sudah paham tentang yang wajib zakat hanya orang yang… Tentu saja, kita harus selalu berhati-hati dalam membayar zakat dengan menghitung secara cermat dan memastikan bahwa harta yang dikeluarkan memenuhi kriteria yang telah ditetapkan. Semoga artikel ini dapat membantu meningkatkan pemahaman kita tentang zakat dan ketaatan kita kepada Allah SWT.