Skip to content
Home » 40 Hadits tentang Puasa Ramadan

40 Hadits tentang Puasa Ramadan

Puasa Ramadan merupakan ibadah yang sangat penting bagi umat muslim di seluruh dunia. Puasa yang dilakukan selama satu bulan ini dilakukan sebagai bentuk menjalankan salah satu rukun Islam. Namun, puasa Ramadan bukanlah hanya menghilangkan rasa lapar dan dahaga selama siang hari saja. Ada banyak hal yang perlu diketahui terkait dengan puasa Ramadan, termasuk memahami hadits-hadits tentang puasa Ramadan. Berikut ini adalah 40 hadits tentang puasa Ramadan.

Hadits tentang Niat Puasa Ramadan

  1. Dari Umar bin Khattab, "Aku bertanya kepada Rasulullah SAW, ‘Ya Rasulullah, apakah kita perlu berniat saat berpuasa?’ Rasulullah SAW menjawab, "Ya, barangsiapa yang tidak berniat, maka ia tidak berpuasa.

  2. Dari Aisyah RA, Rasulullah SAW bersabda, "Tidak ada puasa bagi yang tidak berniat sebelum fajar."

  3. Dari Abdullah bin Umar, Rasulullah SAW bersabda, "Perbuatan itu tergantung pada niatnya, dan setiap orang akan mendapatkan balas yang sebanding dengan niatnya. Oleh karena itu, barangsiapa yang niatnya hanya berpuasa karena Allah, maka ia akan mendapatkan balasan dari Allah yang sempurna."

Hadits tentang Menunda Berbuka Puasa

  1. Dari Anas bin Malik, Rasulullah SAW bersabda, "Diperbolehkan bagi orang yang berpuasa untuk makan dan minum sampai terbit fajar."

  2. Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, "Umatku akan selalu baik, selama mereka tidak menunda waktu berbuka puasa."

  3. Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, "Allah memperbolehkan kita untuk menunda waktu berbuka puasa, tetapi lebih baik jika kita tidak menunda waktu berbuka."

BACA JUGA:   Niat Puasa Mengganti Puasa Ramadhan

Hadits tentang Menjaga Perilaku Saat Berpuasa

  1. Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan buruk dan perbuatan buruk selama berpuasa, maka puasanya tidak akan diterima oleh Allah."

  2. Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, "Puasa adalah perlindungan. Oleh karena itu, jika sedang berpuasa, jangan mengeluarkan kata-kata kotor atau melakukan tindakan buruk."

  3. Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, "Janganlah kamu menjadi seperti orang yang tidak berpuasa selama Ramadan ketika kamu berpuasa."

  4. Dari Ibn Abbas, Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang tidak meninggalkan kebohongan dan perilaku buruk selama Ramadan, maka ia tidak akan mendapatkan pengampunan dari Allah."

Hadits tentang Amalan Selama Berpuasa

  1. Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa memberi makan orang yang berpuasa, maka ia akan mendapatkan pahala seperti orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut."

  2. Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, "Puasa adalah benteng. Oleh karena itu, ketika Anda berpuasa, jangan marah, jangan melakukan kekerasan, dan jangan melakukan tindakan buruk lainnya."

  3. Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, "Puasa adalah bulan kesabaran, dan kesabaran akan menghasilkan keberhasilan."

Hadits tentang Ibadah pada Malam Lailatul Qadar

  1. Dari Aisyah RA, Rasulullah SAW bersabda, "Cari malam Lailatul Qadar di malam ganjil pada 10 malam terakhir dari bulan Ramadan."

  2. Dari Aisyah RA, Rasulullah SAW bersabda, "Jika seseorang beribadah pada Lailatul Qadar dengan iman dan harapan mendapatkan pahala, maka Allah akan mengampuni dosa-dosa yang pernah ia lakukan."

  3. Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang beribadah pada malam Lailatul Qadar dengan iman dan harapan, maka ia akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu."

Hadits tentang I’tikaf

  1. Dari Aisyah RA, Rasulullah SAW melakukan i’tikaf selama sepuluh hari pada bulan Ramadan.

  2. Dari Aisyah RA, Rasulullah SAW bersabda, "I’tikaf sehari bertepatan dengan nilai pahala yang bisa didapat dengan melakukan ibadah selama satu tahun."

BACA JUGA:   Apakah Ibu Menyusui Wajib Puasa Ramadan?

Hadits tentang Kewajiban Zakat Fitrah

  1. Dari Ibn Umar, Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah bagi orang yang berpuasa. Zakat itu berupa satu sha’ dari beras atau kurma.

  2. Dari Zaid bin Khalid, Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah sebanyak satu sha’ dari kurma atau beras ataupun buah-buahan.

  3. Dari Abdullah bin Umar, Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah selama bulan Ramadan. Zakat fitrah adalah satu sha’ dari beras atau kurma yang diberikan kepada miskin.

Hadits tentang Pahala Berpuasa

  1. Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, "Allah berfirman, ‘Setiap amalan yang dilakukan manusia adalah miliknya, kecuali puasa, karena ia adalah milik-Ku dan Aku sendiri yang akan memberikan balasannya’."

  2. Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, "Dalam bulan Ramadan, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan-setan dibelenggu."

  3. Dari Abdullah bin Amr, Rasulullah SAW bersabda, "Orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kesenangan, yaitu ketika berbuka dan pada waktu yang nanti bertemu dengan Tuhannya."

Hadits tentang Menjaga Ibadah di Akhir Ramadan

  1. Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa berpuasa Ramadan kemudian mengawinkan amalan kebaikannya dengan enam hari puasa di bulan Syawal, maka seperti puasa sepanjang tahun."

  2. Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, "Janganlah seseorang dari kalian berpuasa satu atau dua hari sebelum Ramadan sampai tiba waktu Idul Fitri."

  3. Dari Abu Ayyub al-Ansari, Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa melakukan puasa Ramadan dengan iman dan harapan, maka dosa-dosanya yang telah terjadi sebelumnya akan diampuni."

Hadits tentang Menjaga Kesehatan Selama Berpuasa

  1. Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, "Makanlah sahur, karena sahur itu memberikan sihir pada orang yang berpuasa."

  2. Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa makan atau minum pada saat berpuasa karena lupa, maka puasanya tetap sah, karena Allah memberikannya makan dan minum yang halal dan baik."

  3. Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, "Janganlah mencampurkan makanan panas dan dingin."

BACA JUGA:   Apakah hari Jumat boleh berpuasa untuk mengganti puasa Ramadan?

Hadits tentang Memakmurkan Masjid

  1. Dari Mu’adz bin Jabal, ketika Rasulullah SAW pergi ke masjid, beliau bersabda, "Inilah masjid yang dipenuhi malaikat yang sangat dicintai oleh Allah SWT."

  2. Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang membangun masjid untuk Allah, maka Allah akan membangun rumah baginya di surga."

Hadits tentang Perintah Membantu Orang Miskin

  1. Dari Abdullah bin Abbas, Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa membebaskan seorang budak dan membiayai kebutuhan hidup mereka selama satu bulan, maka ia akan dimasukkan ke dalam golongan orang-orang yang mendapatkan tempat istimewa di sisi Allah."

  2. Dari Abdullah bin Abbas, Rasulullah SAW bersabda, "Jangan bersedih hati karena sedikitnya sedekah yang diberikan, karena engkau sama saja mengajarkan orang lain untuk bersedekah dan setelah itu Allah memuliakanmu dengan rezeki yang barokah."

Hadits tentang Kebaikan dalam Bersedekah

  1. Dari Umar bin Khattab, Rasulullah SAW bersabda, "Tidak ada orang yang memberikan sedekah kecuali Allah akan menggantinya dengan yang lebih baik."

  2. Dari Anas bin Malik, Rasulullah SAW bersabda, "Hari Jum’at adalah hari yang terbaik untuk bersedekah."

  3. Dari Utsman bin Affan, Rasulullah SAW bersabda, "Jangan pernah engkau merasa bahwa sedekah itu akan mengurangi harta, karena Allah akan menggantikannya dengan yang lebih baik."

Hadits tentang Keutamaan Berdoa

  1. Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, "Berdoalah ketika engkau berada di suatu tempat yang kosong, karena itu akan lebih dekat dengan perwujudan Tuhan."

  2. Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, "Berdoalah ketika engkau sedang dalam keadaan mengerjakan ibadah, karena itu akan lebih dekat dengan perwujudan Tuhan."

  3. Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, "Berdoalah ketika engkau sedang dalam keadaan yang baik, karena ini akan meningkatkan kemampuanmu untuk menerima berkah Allah."

Itulah 40 hadits tentang puasa Ramadan. Semoga dapat menjadi motivasi bagimu untuk menjadi lebih baik di masa yang akan datang. Ingatlah selalu, puasa bukan hanya tentang menahan diri dari makan dan minum, tetapi juga tentang menjaga hati, pikiran, perkataan dan tindakan, serta membantu orang lain yang membutuhkan. Dengan membaca hadits tentang puasa Ramadan, diharapkan kita semua dapat menjadi muslim yang lebih baik dan lebih taat. Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan!