Skip to content
Home » Berapa Biaya Haji Tahun Ini: Semua Yang Perlu Anda Ketahui!

Berapa Biaya Haji Tahun Ini: Semua Yang Perlu Anda Ketahui!

Berapa biaya haji thn ini?

Berapa Biaya Haji Tahun Ini?

Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH)

Kementerian Agama mengusulkan rerata Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) 1444 H/2023 M sebesar Rp69.193.733,60. Jumlah ini adalah 70% dari usulan rata-rata Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) yang mencapai Rp98.893.909,11.

Rincian Biaya Haji 2021

Rincian biaya haji 2021 sebagai berikut:

  • BPIH (Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji): Rp98.893.909,11
  • BPIH Non Refundable (Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji Non Refundable): Rp69.193.733,60
  • Biaya Transportasi: Rp7.500.000
  • Biaya Akomodasi, Makan, dan Minum: Rp17.600.000
  • Biaya Keamanan: Rp2.000.000
  • Biaya Asuransi: Rp2.000.000
  • Biaya Pembuangan Sampah dan Daur Ulang: Rp1.000.000
  • Biaya Pembimbing Ibadah Haji: Rp1.000.000
  • Biaya Administrasi: Rp1.000.000

Aspek-aspek Biaya Ibadah Haji Tahun 2021

Biaya Refundable dan Non Refundable

Biaya Refundable adalah biaya yang dapat dikembalikan kepada jamaah jika ia tidak dapat berangkat ke tanah suci. Sedangkan biaya Non Refundable adalah biaya yang tidak dapat dikembalikan kepada jamaah. Kedua biaya ini harus dibayar oleh jamaah untuk memenuhi kewajiban minimal biaya ibadah haji.

Biaya Transportasi

Biaya transportasi merupakan biaya yang harus dibayarkan jamaah untuk menggunakan kendaraan umum atau pesawat dari lokasi haji masing-masing. Biaya ini juga dapat berubah-ubah sesuai dengan harga di pasar.

Biaya Akomodasi, Makan, dan Minum

Biaya akomodasi, makan, dan minum merupakan biaya yang harus dibayarkan jamaah ketika melakukan ibadah haji. Biaya ini meliputi biaya akomodasi di hotel, biaya makan dan minum, dan biaya lainnya.

BACA JUGA:   Rangkaian Ibadah Haji Ifrad

Biaya Keamanan

Biaya keamanan merupakan biaya yang dibayarkan jamaah untuk memastikan keamanan saat melakukan ibadah haji. Biaya ini meliputi biaya perlengkapan keamanan, biaya pengawalan, dan biaya lainnya.

Biaya Asuransi

Biaya asuransi adalah biaya yang dibayarkan jamaah untuk menjaga diri dari risiko yang mungkin terjadi selama melakukan ibadah haji. Biaya ini meliputi biaya perawatan medis, biaya asuransi kecelakaan, dan biaya asuransi lainnya.

Biaya Pembuangan Sampah dan Daur Ulang

Biaya pembuangan sampah dan daur ulang merupakan biaya yang harus dibayarkan jamaah untuk menjaga kebersihan dan kesehatan saat melakukan ibadah haji. Biaya ini meliputi biaya pembuangan sampah, biaya pembuangan air, dan biaya lainnya.

Biaya Pembimbing Ibadah Haji

Biaya pembimbing ibadah haji adalah biaya yang dibayarkan jamaah untuk mendapatkan bimbingan selama melakukan ibadah haji. Biaya ini meliputi biaya pembimbing, biaya pelatihan, dan biaya lainnya.

Biaya Administrasi

Biaya administrasi adalah biaya yang dibayarkan jamaah untuk memenuhi persyaratan administrasi selama melakukan ibadah haji. Biaya ini meliputi biaya pengurusan dokumen, biaya penyelesaian perizinan, dan biaya lainnya.

Kesimpulan

Kementerian Agama mengusulkan rerata Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) 1444 H/2023 M sebesar Rp69.193.733,60. Jumlah ini adalah 70% dari usulan rata-rata Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) yang mencapai Rp98.893.909,11. Rincian biaya haji 2021 meliputi biaya refundable dan non refundable, biaya transportasi, biaya akomodasi, makan, dan minum, biaya keamanan, biaya asuransi, biaya pembuangan sampah dan daur ulang, biaya pembimbing ibadah haji, dan biaya administrasi. Dengan demikian, jamaah yang melakukan ibadah haji harus mempersiapkan dana sebesar Rp69.193.733,60.

Pentingnya Persiapan Biaya Ibadah Haji

Meskipun biaya ibadah haji 2021 telah ditetapkan, masih ada beberapa faktor lain yang harus dipertimbangkan. Persiapan biaya ibadah haji harus dilakukan dengan hati-hati agar jamaah dapat melakukan ibadah dengan lancar.

BACA JUGA:   Daftar Pemberangkatan Haji Plus Thn 2020 Depag: Semua yang Perlu Anda Ketahui

Salah satu cara untuk mempersiapkan biaya ibadah haji adalah dengan menabung. Disarankan agar jamaah menabung dengan jumlah yang cukup untuk memenuhi biaya ibadah haji 2021. Selain itu, jamaah juga dapat mencari tahu informasi tentang produk tabungan haji yang ditawarkan oleh bank. Dengan menabung dalam produk tabungan haji, jamaah akan mendapatkan bunga dan manfaat lainnya.

Selain itu, jamaah juga harus mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan selama ibadah haji. Beberapa dokumen yang perlu disiapkan meliputi paspor, kartu identitas, surat keterangan kehilangan barang, dan lainnya. Dengan mempersiapkan dokumen-dokumen ini, jamaah akan lebih mudah dalam melakukan ibadah haji.

Untuk itu, jamaah harus mempersiapkan biaya ibadah haji 2021 dengan hati-hati, baik melalui tabungan atau dokumen-dokumen lainnya. Dengan mempersiapkan biaya ibadah haji den