Skip to content
Home ยป Berapa Takaran Zakat Fitrah dengan Beras

Berapa Takaran Zakat Fitrah dengan Beras

Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap orang Islam yang mampu pada bulan Ramadan atau sebelum hari raya Idul Fitri. Zakat fitrah memiliki beberapa bentuk, salah satunya adalah dengan memberikan beras kepada yang berhak menerimanya. Namun, banyak orang yang masih bingung tentang berapa takaran zakat fitrah dengan beras yang harus dikeluarkan. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dibahas tentang takaran zakat fitrah dengan beras yang sesuai dengan syariat Islam.

Pengertian Zakat Fitrah

Sebelum membahas tentang berapa takaran zakat fitrah dengan beras yang harus dikeluarkan, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu pengertian dari zakat fitrah itu sendiri. Zakat fitrah adalah zakat yang harus dikeluarkan oleh setiap muslim seorang diri, baik laki-laki maupun perempuan, yang sudah baligh dan mampu, dengan jumlah tertentu dan harus dikeluarkan sebelum sholat Idul Fitri. Zakat fitrah bertujuan untuk membersihkan harta atau makanan yang kita miliki dari segala bentuk kemungkaran, menyucikan diri kita sebelum menghadap Allah di hari raya Idul Fitri, serta memberikan kebahagiaan kepada orang yang membutuhkan.

Takaran Zakat Fitrah dengan Beras

Sudah menjadi sunnah Rasulullah SAW untuk memberikan zakat fitrah dengan beras. Takaran zakat fitrah dengan beras adalah 1 sha atau 3 liter per orang yang harus dikeluarkan. Sha sendiri merupakan satuan ukuran yang dipakai pada zaman Rasulullah SAW. Sekarang, ukuran tersebut dapat dikonversi ke dalam satuan liter yaitu sebanyak 3 liter.

Namun, perlu diperhatikan bahwa 1 sha beras bukanlah 1 kg. Kebanyakan orang salah mengira bahwa 1 sha sama dengan 1 kg, padahal tidak. Menurut Departemen Agama, 1 sha beras sekarang dihitung berdasarkan beratnya yaitu sebesar 2,5 kg โ€“ 2,7 kg.

BACA JUGA:   Apa yang Kamu Ketahui tentang Zakat Nuqud

Cara Menghitung Zakat Fitrah dengan Beras

Bagi Anda yang ingin mengeluarkan zakat fitrah dengan beras, berikut adalah cara menghitungnya:

  1. Pastikan jumlah orang yang akan dikeluarkan zakat fitrah
  2. Hitunglah jumlah keseluruhan beras yang dibutuhkan
  3. Kalikan jumlah orang dengan takaran zakat fitrah (1 sha atau 3 liter per orang)
  4. Hasil perkalian tersebutlah yang nantinya akan menjadi jumlah keseluruhan beras yang harus dikeluarkan

Sebagai contoh: jika Anda akan mengeluarkan zakat fitrah untuk 4 orang, maka jumlah keseluruhan beras yang harus dikeluarkan adalah 4 sha atau 12 liter, karena 1 sha atau 3 liter dikalikan 4 orang.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan mengenai berapa takaran zakat fitrah dengan beras yang harus dikeluarkan. Bagi Anda yang ingin mengeluarkan zakat fitrah dengan beras, pastikan untuk menghitungnya dengan benar agar bisa menjalankan kewajiban sebagai seorang muslim dengan baik dan benar. Dengan mengeluarkan zakat fitrah, kita juga ikut serta membanjiri kebahagiaan kepada orang yang membutuhkan di saat hari raya Idul Fitri tiba. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.