Skip to content
Home » Cara Menghitung Zakat di Malaysia

Cara Menghitung Zakat di Malaysia

Cara Menghitung Zakat di Malaysia

Zakat adalah salah satu dari lima pilar dalam Islam, di mana setiap umat muslim harus membayarnya setiap tahun. Zakat diartikan sebagai pemberian sebagian dari harta yang dimiliki kepada mereka yang membutuhkan. Di Malaysia, zakat dikenal sebagai zakat fitrah dan zakat harta.

Bagi Anda yang tinggal di Malaysia dan ingin menghitung zakat, berikut adalah cara yang mudah untuk menghitung zakat melalui perhitungan yang sesuai dengan hukum Syariah.

Zakat Fitrah

Zakat fitrah adalah zakat yang dibayarkan setiap orang menjelang hari raya Idul Fitri. Besarnya zakat fitrah di Malaysia adalah RM7 per orang. Jadi jika Anda memiliki keluarga yang terdiri dari lima orang, maka Anda harus membayar RM35 sebagai zakat fitrah.

Zakat Harta

Zakat harta adalah zakat yang dibayarkan berdasarkan besarnya kekayaan yang dimiliki oleh seseorang selama satu tahun. Zakat harta di Malaysia saat ini adalah sekitar 2.5% dari total nilai kekayaan yang dimiliki. Berikut adalah cara menghitung zakat harta di Malaysia:

1. Tentukan Total Nilai Kekayaan Anda

Total nilai kekayaan termasuk uang tunai, saham, properti, emas, perhiasan, dan aset lain yang bisa diukur dalam bentuk nilai mata uang. Anda dapat menghitung total nilai kekayaan Anda dengan menjumlahkan semua aset yang Anda miliki.

2. Tentukan Nisab

Nisab adalah jumlah minimum kekayaan yang harus dimiliki seseorang untuk dapat dikenakan zakat harta. Di Malaysia, nisab saat ini adalah sekitar RM13.000.

3. Hitung Zakat Harta

Setelah menentukan total nilai kekayaan dan nisab, Anda dapat menghitung zakat yang harus dibayarkan. Perhitungan zakat harta di Malaysia adalah sekitar 2.5% dari total nilai kekayaan setelah dikurangi dengan nisab. Misalnya, jika total nilai kekayaan Anda adalah RM50.000 dan nisab adalah RM13.000, maka jumlah zakat harta yang harus dibayarkan Adalah:

BACA JUGA:   Siapa yang Berhak Menerima Zakat Penghasilan Gaji?

(RM50.000 – RM13.000) x 2.5% = RM868

4. Bayar Zakat Harta

Setelah menghitung jumlah zakat harta yang harus dibayarkan, Anda harus membayarkannya kepada lembaga zakat yang terpercaya di Malaysia. Anda dapat membayar zakat secara langsung ke kantor zakat atau menggunakan layanan online yang tersedia.

Itulah cara menghitung zakat di Malaysia secara mudah dan sesuai dengan hukum syariah. Tetap perhatikan perubahan aturan dan ketentuan zakat yang dapat berubah sesuai dengan peraturan pemerintah setempat.