Skip to content
Home » DAFTAR HAJI KEMENAG GRESIK: Panduan Lengkap Mengikuti Ibadah Haji

DAFTAR HAJI KEMENAG GRESIK: Panduan Lengkap Mengikuti Ibadah Haji

DAFTAR HAJI KEMENAG GRESIK: Panduan Lengkap Mengikuti Ibadah Haji

Apakah Anda sedang merencanakan untuk berangkat ibadah haji? Jika iya, pastikan Anda mempersiapkan segalanya dengan matang, termasuk memastikan bahwa Anda terdaftar pada daftar haji Kemenag Gresik. Pada artikel ini, Anda akan mendapatkan panduan lengkap seputar daftar haji Kemenag Gresik dan hal-hal penting yang perlu diketahui dalam mempersiapkan diri untuk berangkat ibadah haji.

Apa itu Daftar Haji Kemenag Gresik?

Daftar haji Kemenag Gresik adalah daftar resmi yang diterbitkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag) yang berisikan nama-nama calon jamaah haji yang akan berangkat ibadah haji tahunan. Daftar ini digunakan untuk memudahkan pihak Kemenag dan travel haji dalam melakukan persiapan dan pengurusan administrasi terkait keberangkatan jamaah haji.

Syarat dan Ketentuan untuk Mendaftar Daftar Haji Kemenag Gresik

Terdapat beberapa persyaratan dan ketentuan yang perlu dipenuhi oleh calon jamaah haji untuk bisa mendaftar di daftar haji Kemenag Gresik, antara lain:

  • Warga negara Indonesia (WNI) yang berusia 17 tahun atau lebih pada saat pendaftaran.
  • Telah memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) yang masih berlaku.
  • Telah melunasi biaya pendaftaran.
  • Menyerahkan sertifikat vaksin COVID-19 (dalam hal ini adalah vaksin Sinovac yang direkomendasikan oleh pemerintah) dengan jangka waktu yang masih berlaku pada saat menjalani tahapan selanjutnya seperti pemaketan dan keberangkatan haji.
  • Tidak sedang dalam masa haid atau nifas.
  • Sehat jasmani dan rohani.

Tahapan Mendaftar Di Daftar Haji Kemenag Gresik

Ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan calon jamaah haji untuk bisa mendaftar di daftar haji Kemenag Gresik, yaitu:

BACA JUGA:   Konsekuensi Dan Dampak Yang Terjadi Jika Wajib Haji Ditinggalkan

1. Pra Pendaftaran

Pada tahap ini, calon jamaah haji harus mengisi formulir pra-pendaftaran secara online di situs kemenag.go.id. Petunjuk lengkap mengenai persyaratan dan prosedur pra-pendaftaran dapat ditemukan pada situs resmi Kemenag.

2. Verifikasi Data

Setelah pra-pendaftaran selesai, data calon jamaah haji akan dilakukan verifikasi oleh pihak Kemenag Gresik. Jika data sudah diverifikasi, calon jamaah haji akan mendapatkan nomor pendaftaran.

3. Pembayaran

Setelah mendapatkan nomor pendaftaran, calon jamaah haji harus melakukan pembayaran sesuai dengan biaya yang ditentukan oleh pihak Kemenag. Biaya umrah dan haji ditentukan oleh Pemerintah dan disesuaikan dengan jenis layanan (reguler atau non reguler) yang dipilih.

4. Pengisian Dokumen

Dokumen yang harus diisi oleh calon jamaah haji antara lain adalah:

  • Formulir Pendaftaran Haji Reguler/Non Reguler Tingkat Kemenag.
  • Formulir Bukti Pembayaran.
  • Formulir Surat Kesediaan Membayar Biaya Lainnya.
  • Formulir Surat Pernyataan Sehat Jasmani dan Rohani.
  • Formulir Surat Pernyataan Tidak Hamil atau Tidak Melakukan Pelayanan Ibu Hamil.

5. Pengambilan E-Tiket

Setelah dokumen di atas lengkap dan dikonfirmasi oleh petugas haji, calon jamaah haji akan mendapatkan e-tiket yang berfungsi sebagai tiket pesawat untuk keberangkatan haji.

Kesimpulan

Demikianlah panduan lengkap seputar daftar haji Kemenag Gresik beserta tahapan-tahapan yang perlu dilakukan untuk mendaftar. Pastikan Anda memahami dan memenuhi semua persyaratan dan ketentuan sebelum mendaftar, sehingga Anda dapat beribadah haji dengan lancar. Semoga artikel ini berguna bagi Anda yang sedang merencanakan untuk berangkat ibadah haji.