Skip to content
Home » Daftar Haji Tahun 2013 Berangkatnya Kapan

Daftar Haji Tahun 2013 Berangkatnya Kapan

Siapakah yang Sudah Terdaftar dalam Daftar Haji Tahun 2013?

Daftar Haji Tahun 2013 merupakan salah satu yang paling dinantikan oleh umat Muslim di Indonesia. Bagaimana tidak, tahun ini pemerintah Indonesia memperoleh tambahan kuota haji sebesar 10% dari pemerintah Saudi Arabia. Jadi, siapakah yang sudah terdaftar dalam daftar haji tahun 2013?

Menurut data yang diperoleh dari Kementerian Agama, total pendaftar haji tahun 2013 mencapai 206.099 orang. Jumlah ini melebihi kuota haji tahun 2012 yang hanya sebanyak 193.000 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 60% merupakan jamaah haji dari daerah Jawa, sedangkan sisanya berasal dari luar Jawa seperti Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara dan Papua.

Kapan Berangkatnya Jamaah Haji dari Indonesia pada Tahun 2013?

Pada tahun 2013, jadwal keberangkatan haji di Indonesia dibagi menjadi empat gelombang. Gelombang pertama akan berangkat pada tanggal 30 September 2013 dan kembali pada tanggal 6 November 2013. Gelombang kedua akan berangkat pada tanggal 7 Oktober 2013 dan kembali pada tanggal 12 November 2013. Gelombang ketiga akan berangkat pada tanggal 14 Oktober 2013 dan kembali pada tanggal 19 November 2013. Sedangkan gelombang keempat atau terakhir akan berangkat pada tanggal 21 Oktober 2013 dan kembali pada tanggal 26 November 2013.

Menurut Kementerian Agama, pihaknya telah memastikan bahwa seluruh jadwal keberangkatan jamaah haji tahun 2013 akan dikawal oleh tim dokter dan tenaga medis yang sudah dilatih dan bersertifikat haji oleh Kementerian Kesehatan. Juga, pihak kementerian sudah memastikan bahwa seluruh fasilitas, cara dan prasarana yang dibutuhkan oleh jamaah haji, termasuk transportasi, akomodasi, dan protokol kesehatan, akan memenuhi standar yang ditetapkan oleh Pemerintah Saudi Arabia.

BACA JUGA:   Syarat Daftar Haji Jogja: Panduan Lengkap untuk Anda

Persyaratan untuk Menjadi Jamaah Haji di Tahun 2013

Jamaah Haji di tahun 2013 harus memenuhi beberapa persyaratan sebelum dapat berangkat ke Tanah Suci. Pertama, peserta harus berusia minimal 18 tahun dan maksimal 70 tahun dan memiliki kesehatan yang memadai. Kedua, peserta harus sudah mendaftar sebagai jamaah haji melalui sistem Travel Haji Terpadu (THT). Ketiga, jamaah haji harus mengikuti seluruh prosedur, baik administrasi dan persiapan, yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Agama.

Lain halnya dengan tahun-tahun sebelumnya, untuk tahun 2013 ini Kementerian Agama sudah tidak memberlakukan sistem qurban kolektif sebagaimana tahun-tahun sebelumnya. Kini, para jamaah haji wajib membeli hewan qurban sendiri. Ini untuk menjamin keamanan dan kualitas hewan qurban yang akan disembelih di sana.

Kesimpulan

Daftar Haji Tahun 2013 sangat dinantikan oleh seluruh umat Islam di Indonesia. Informasi mengenai jadwal keberangkatan jamaah haji, serta persyaratan dan segala hal yang berkaitan dengan pelaksanaannya harus diketahui oleh seluruh masyarakat Indonesia. Demi suksesnya pelaksanaan haji tahun ini, pemerintah Indonesia akan memastikan bahwa seluruh persiapan telah dilakukan dengan baik dan memenuhi standar yang ditetapkan oleh Pemerintah Saudi Arabia. Diharapkan agar para jamaah haji tahun 2013 bisa menunaikan ibadah haji dengan lancar dan diterima oleh Allah SWT.