Skip to content
Home » Daftar Nama Haji Kabupaten Bogor yang Berangkat Tahun 2019

Daftar Nama Haji Kabupaten Bogor yang Berangkat Tahun 2019

Bulan Ramadhan dan Idul Fitri telah usai. Bagi umat muslim, kegiatan puasa dan salat tarawih menjadi suatu ibadah yang harus dilaksanakan selama bulan suci tersebut. Selain itu, bagi umat muslim yang mampu, bulan Ramadhan dan Idul Fitri juga menjadi waktu yang tepat untuk menunaikan ibadah haji ke Baitullah di Mekkah.

Bagi warga Kabupaten Bogor, ada beberapa nama jamaah haji yang akan bertolak ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji tahun ini. Berikut ini daftar nama jamaah haji Kabupaten Bogor yang bertolak ke Tanah Suci tahun 2019.

Nama Jamaah Haji Kabupaten Bogor yang Berangkat pada Tahun 2019

  1. H. Abdul Aziz
  2. H. Abdul Jalil
  3. Hj. Aisyah
  4. H. Anton
  5. Hj. Asiah
  6. Hj. Atun
  7. H. Dani
  8. H. Didin
  9. H. Dadan
  10. Hj. Desi
    .
    .
    .

Jumlah total jamaah haji Kabupaten Bogor tahun 2019 sebanyak 1000 orang. Masing-masing jamaah haji telah mendapatkan porsi jatah haji melalui sistem kuota yang diterapkan oleh pemerintah.

Persiapan Jamaah Haji sebelum Berangkat ke Mekkah

Sebelum berangkat ke Tanah Suci, jamaah haji Kabupaten Bogor mendapatkan berbagai ilmu dan bekal dari instansi terkait, seperti Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jawa Barat dan Kantor Kemenag Kabupaten Bogor. Jamaah haji juga memperoleh pemahaman tentang tatacara pelaksanaan ibadah haji.

Tak hanya itu, jamaah haji juga melakukan persiapan fisik dan mental. Mengenai persiapan fisik, jamaah haji melakukan serangkaian pemeriksaan kesehatan dan vaksinasi baik di fasilitas pemerintah maupun fasilitas kesehatan lainnya. Persiapan mental juga tidak kalah penting, beberapa jamaah haji mengikuti kegiatan zikir dan menghadiri tausiyah dari para kyai untuk memperkuat ketahanan mental dan spiritual saat menjalani ibadah haji.

BACA JUGA:   UU Ketenagakerjaan Mengenai Karyawan Melaksanakan Ibadah Haji

Kegiatan yang Dilakukan Jamaah Haji Selama Pelaksanaan Ibadah Haji

Selama pelaksanaan ibadah haji, jamaah haji melakukan beberapa kegiatan, di antaranya:

Ibadah Tawaf

Ibadah tawaf adalah kegiatan mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh putaran. Kegiatan ini dilaksanakan pada awal pelaksanaan ibadah haji.

Ibadah Sai

Ibadah sai adalah kegiatan berlari-lari kecil sebanyak tujuh kali antara bukit Shafa dan Marwah. Kegiatan ini dilaksanakan setelah selesai melakukan ibadah tawaf.

Wukuf di Padang Arafah

Wukuf di Padang Arafah adalah kegiatan yang dilakukan di tempat tersebut pada tanggal 9 Dzulhijjah, yaitu hari Arafah. Kegiatan ini merupakan momentum yang sangat penting bagi jamaah haji, karena pada saat itu mereka menghadap kepada Allah SWT memohon ampunan dan doa.

Melontar Jumrah

Melontar jumrah adalah kegiatan melempar jumrah atau batu-batu kecil ke tiga patung atau tembok. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 10, 11, dan 12 Dzulhijjah.

Ibadah Tahlil

Ibadah tahlil dilakukan di Mina pada akhir pelaksanaan ibadah haji. Jamaah haji berzikir dan menghadiri tausiyah dari para kyai.

Kesimpulan

Para jamaah haji Kabupaten Bogor yang berangkat ke Tanah Suci tahun 2019 telah menempuh berbagai persiapan dan mendapatkan bekal ilmu untuk menjalani ibadah haji. Selama pelaksanaan ibadah haji, mereka melakukan berbagai kegiatan, seperti ibadah tawaf, sai, wukuf di Padang Arafah, melontar jumrah, dan ibadah tahlil. Dengan demikian, jamaah haji dapat mengambil hikmah dan mendapatkan keberkahan dalam melaksanakan ibadah haji. Semoga ibadah haji yang dilaksanakan berjalan lancar dan diterima oleh Allah SWT.