Skip to content
Home » Daftar Perlengkapan Haji yang Harus Dibawa

Daftar Perlengkapan Haji yang Harus Dibawa

Berkunjung ke Mekkah untuk menjalankan ibadah haji adalah suatu kehormatan bagi setiap muslim di seluruh dunia. Saat melakukan perjalanan ke tanah suci, pilihannya harus memastikan bahwa segala sesuatunya telah terorganisir dan teratur dengan baik.

Maka dari itu, penting untuk memastikan bahwa Anda telah siap dengan semua peralatan yang diperlukan untuk haji. Berikut adalah daftar perlengkapan haji yang harus dibawa saat melakukan perjalanan ke Mekkah:

Dompet Ihram

Pertama-tama, pastikan untuk membawa dompet ihram, yaitu paket yang terdiri dari dua kain yang digunakan selama ritual ihram. Kain putih yang satu digunakan untuk menutupi tubuh yang setidaknya harus menutupi bagian dari bahu ke lutut dan yang satunya digunakan sebagai selendang.

Tas Punggung

Tas punggung tahan air sangat dianjurkan saat melakukan perjalanan haji. Tas ini dapat membantu Anda menjaga agar barang-barang Anda tetap aman dan kering di tengah cuaca yang kadang tidak menentu.

Sandal

Sebaiknya, gunakan sandal yang nyaman dan cocok untuk melakukan perjalanan jarak jauh. Karena haji melibatkan banyaknya berjalan kaki, ini adalah salah satu perlengkapan terpenting yang harus Anda bawa.

Obat-obatan

Pastikan Anda membawa obat-obatan yang cukup untuk kebutuhan pribadi dan keluarga Anda selama melakukan perjalanan. Terutama untuk obat-obatan yang biasa Anda konsumsi dan obat-obatan darurat.

Pakaian

Pastikan Anda membawa pakaian yang serba putih dan longgar selama masa haji. Namun, juga bawa beberapa baju tambahan khususnya untuk ibadah di luar waktu haji.

Selain itu, bawa pakaian hangat untuk malam hari dan pakaian yang layak digunakan saat bertemu orang lain seperti baju koko atau baju muslimah.

BACA JUGA:   Tanggal Pendaftaran Beasiswa Kyai Haji Ahmad Dahlan UMS

Perlengkapan Shalat

Jangan lupa untuk membawa perlengkapan shalat yang cukup, seperti sajadah, mukena, dan topi khusus shalat.

Kamera

Siapa yang tidak ingin mengambil foto selama perjalanan haji yang mengesankan tersebut? Pastikan Anda membawa kamera yang cukup untuk mengabadikan sejarah hidup Anda saat menjalankan ibadah haji.

Masker

Terakhir, pastikan Anda juga membawa sejumlah masker untuk melindungi kesehatan Anda dari polusi dan debu saat melakukan perjalanan.

Kesimpulan

Dalam menjalankan ibadah haji, penting untuk memastikan bahwa Anda telah menyiapkan daftar perlengkapan haji yang ada diatas dengan baik dan terorganisir. Pastikan untuk membawa semua barang yang diperlukan untuk memastikan kenyamanan dan kesuksesan dalam menunaikan ibadah haji. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda dan membawa Anda ke sukses dalam melaksanakan ibadah haji.