Skip to content
Home » Doa Haji Sesuai Sunnah untuk Keberkahan Hidup

Doa Haji Sesuai Sunnah untuk Keberkahan Hidup

Haji merupakan salah satu rukun Islam yang harus dilakukan oleh umat Muslim yang mampu secara fisik maupun finansial. Haji tidak hanya sekedar mengunjungi Baitullah di Makkah, namun juga melaksanakan berbagai ritual dan doa untuk mendapatkan keberkahan hidup. Salah satu hal yang sangat penting selama melaksanakan haji adalah berdoa sesuai sunnah.

Berikut ini adalah beberapa doa haji sesuai sunnah yang harus dilakukan saat melaksanakan ibadah haji:

Doa Tawaf

Tawaf merupakan salah satu ritual haji yang harus dilakukan dengan mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 kali. Saat melakukan tawaf, umat Muslim disunahkan untuk membaca doa sebagai berikut:

"Subhanallah walhamdulillah wa la ilaha illallah wallahu akbar wa la haula wala quwwata illa billah."

Doa ini berarti “Mahasuci Allah, segala puji bagi Allah, tidak ada ilah yang berhak disembah selain Allah, dan Allah Maha Besar, tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”

Doa Sa’i

Setelah melakukan tawaf, umat Muslim harus melakukan sa’i, yaitu berlari-lari kecil antara bukit Safa dan Marwah sebanyak 7 kali. Saat melakukan sa’i, umat Muslim disunahkan untuk membaca doa sebagai berikut:

"Inna as-Safa wal Marwah min sya’airillah. Maka siapa yang haji ke Baitullah atau menunaikannya, tidak ada dosa baginya jika dia berjalan-jalan antara Safa dan Marwah. Dan siapa yang berbuat baik lagi, maka sesungguhnya Allah Maha Mengagungkan lagi Maha Mengetahui."

Doa ini berarti “Sesungguhnya Safa dan Marwah adalah termasuk syiar Allah. Maka barang siapa yang haji ke Baitullah atau menunaikannya tidak berdosa jika dia berjalan antara Safa dan Marwah. Dan siapa yang berbuat baik, maka sesungguhnya Allah Maha Maha Agung dan Maha Mengetahui.”

BACA JUGA:   Banner Doa Haji: Mengenal Makna dan Keistimewaannya

Doa Wukuf di Arafah

Wukuf di Arafah merupakan salah satu bagian penting dari haji yang harus dilakukan pada tanggal 9 Dzulhijjah. Saat berada di Arafah, umat Muslim disunahkan untuk membaca doa sebagai berikut:

"La ilaha illallah wahdahu la syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ala kulli syaiin qadir."

Doa ini berarti “Tidak ada ilah yang berhak disembah kecuali Allah yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan, bagi-Nya segala pujian dan Dia Mahakuasa atas segala sesuatu.”

Doa Tasyrik

Tasyrik adalah perkumpulan batu di Mina pada tanggal 10-13 Dzulhijjah. Saat melakukan Tasyrik, umat Muslim disunahkan untuk membaca doa sebagai berikut:

"Allahumma laka asyhadu, Allahumma laka asyhadu, Allahumma laka asyhadu."

Doa ini berarti “Ya Allah, aku bersaksi untuk-Mu, Ya Allah, aku bersaksi untuk-Mu, ya Allah, aku bersaksi untuk-Mu.”

Doa Tahalul

Tahalul adalah melepas ihram yang dilakukan setelah selesai melakukan Tawaf Ifadhah. Saat melakukan Tahalul, umat Muslim disunahkan untuk membaca doa sebagai berikut:

"Laa ilaaha illallah, wallaahu akbar, laa ilaaha illallah, wallaahu akbar, laa ilaaha illallah, wallaahu akbar."

Doa ini berarti “Tidak ada ilah yang berhak disembah kecuali Allah, dan Allah Maha Besar, tidak ada ilah yang berhak disembah kecuali Allah, dan Allah Maha Besar, dan tidak ada ilah yang berhak disembah kecuali Allah, dan Allah Maha Besar.”

Dengan membaca doa haji sesuai sunnah, umat Muslim diharapkan bisa mendapatkan keberkahan hidup dan meraih pahala yang banyak dari Allah SWT. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk mempersiapkan diri dengan baik sebelum melaksanakan haji agar bisa melaksanakan semua ritual dengan baik dan sesuai sunnah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

BACA JUGA:   Doa untuk Mengantar Jamaah Haji