Skip to content
Home » Doa Orang yang Mau Pergi Haji

Doa Orang yang Mau Pergi Haji

Tahukah Anda bahwa haji adalah salah satu rukun Islam yang harus dilakukan oleh setiap orang yang mampu? Haji adalah ibadah yang sangat mulia dan penuh dengan makna bagi setiap muslim. Oleh karena itu, sebelum melakukan perjalanan haji, kita harus melakukan persiapan yang matang, salah satunya adalah dengan memperbanyak doa.

Mengapa doa sangat penting dalam perjalanan haji? Tentunya perjalanan haji bukanlah suatu hal yang mudah, banyak rintangan dan hambatan yang akan dihadapi selama perjalanan. Oleh karena itu, doa menjadi suatu hal yang sangat penting untuk meminta perlindungan dan bantuan dari Allah SWT agar perjalanan haji dapat dilaksanakan dengan lancar dan penuh berkah.

Doa-doa Yang Harus Dibaca Selama Perjalanan Haji

Berikut adalah beberapa doa yang harus dibaca selama perjalanan haji:

Doa Masuk Kota Makkah dan Masjidil Haram

Dalam bahasa arab:

اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ خَيْرَ الْمَوْلِجِ، وَخَيْرَ الْمَخْرَجِ، بِاسْمِ اللَّهِ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُولِ اللَّهِ، اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ بِرَحْمَتِكَ الَّتِي وَسِعَتْ كُلَّ شَيْءٍ، أَنْ تَغْفِرَ لِي ذُنُوبِي، وَتُرْزِقَنِي رِزْقًا حَلَالًا طَيِّبًا، وَأَنْ تَجْعَلَ عَمَلِي خَالِصًا لِوَجْهِكَ الْكَرِيمِ، وَتَقْبَلَهُ مِنِّي، وَأَنْ تَسْتُرَ عَيْبِي، وَتَسْتَرِ عَيْبَ الْمُسْلِمِينَ، وَتُمَوِّلَنِي بِالصَّبْرِ وَالْيَقِينِ، وَالشُّكْرِ وَالْعَمَلِ الصَّالِحِ، وَالتَّوْفِيقِ لِمَا تُحِبُّ وَتَرْضَى، يَا رَبَّ الْعَالَمِينَ.

Dalam bahasa Indonesia:

"Ya Allah, kami memohon kepada-Mu kebaikan dalam perjalanan kami ini, dan juga kebaikan dalam kembali kami ke tempat asal kami. Dengan menyebut nama-Mu, serta shalawat dan salam kepada Rasulullah. Ya Allah, sesungguhnya kami memohon rahmat-Mu yang meliputi segala sesuatu untuk mengampuni dosa-dosa kami dan memberi kami rejeki yang halal dan baik. Ya Allah, jadikanlah amal kami hanya untuk mengharapkan ridha dan ampunan-Mu semata dan jadikan amal kami diterima oleh-Mu. Ya Allah, tutuplah aib kami dan aib para muslimin. Berikanlah kami ketabahan dan kepercayaan, rasa syukur, amal shalih, serta kemampuan untuk selalu memuja dan meridhai-Mu. Ya Allah, berikanlah kami kemudahan untuk senantiasa mengikuti jalan yang Engkau ridhai."

BACA JUGA:   Doa untuk Saudara yang Naik Haji

Doa Tawaf dan Sa’i

Dalam bahasa arab:

اللَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُ أَكْبَرُ وَلِلَّهِ الْحَمْدُ.

Dalam bahasa Indonesia:

"Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar, wa lillahi al-hamd."

Doa Setelah Mabit di Muzdalifah

Dalam bahasa arab:

رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا وَاهْدِنَا وَارْزُقْنَا وَعَافِنَا وَانْصُرْنَا، آمِينَ.

Dalam bahasa Indonesia:

"Wahai Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami dan berilah rahmat kepada kami. Tunjukkanlah kepada kami jalan yang lurus dan karuniakanlah kepada kami rezeki yang halal dan baik serta jauhkanlah kami dari segala penyakit dan kesulitan. Wahai Tuhan kami, tolonglah kami dan berilah kami pertolongan."

Kesimpulan

Dalam perjalanan haji, doa merupakan salah satu hal yang sangat penting. Doa dapat membantu kita dalam meminta perlindungan dan bantuan dari Allah SWT agar perjalanan haji dapat dilaksanakan dengan lancar dan penuh berkah. Oleh karena itu, kita harus memperbanyak doa selama perjalanan haji. Semoga doa-doanya dapat membantu kita dalam menjalankan perjalanan haji dengan sukses dan penuh keberkahan. Amin.