Skip to content
Home » Doa Setelah Pulang Ibadah Haji untuk Para Tamu

Doa Setelah Pulang Ibadah Haji untuk Para Tamu

Bagi setiap orang yang sudah melaksanakan ibadah haji, kembali ke rumah adalah suatu anugerah. Kita harus bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada Allah karena telah memberikan kita kesempatan untuk melaksanakan ibadah yang satu ini. Ada banyak doa yang dapat kita panjatkan setelah pulang dari Mekkah, terutama bagi tamu yang datang berkunjung ke rumah kita.

Doa Pertama: Terima Kasih Kepada Allah

Doa pertama yang harus dilakukan setelah pulang dari ibadah haji adalah mengucapkan terima kasih kepada Allah karena telah memberikan kita kesempatan untuk menjalankannya. Kita tidak boleh lupa bahwa ibadah haji adalah suatu anugerah dari Allah yang hanya diberikan kepada orang-orang yang dikehendaki-Nya.

“Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, wash sholatu wa salamu ‘ala Rasulillah. Allahumma inni as’aluka fadhlan min fadhlilka wa rizqan min rizqika wa ‘afiyatan min ‘azaabika wa maghfiroh min sakhatika.”

Artinya: Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam, shalawat dan salam semoga tercurahkan kepada Nabi Muhammad. Ya Allah, aku memohon keutamaan dari keutamaan-Mu, rejeki dari rizki-Mu, keselamatan dari adzab-Mu, dan ampunan dari siksa-Mu.

Doa Kedua: Minta Ampunan dan Perlindungan

Kedua, setelah berterima kasih kepada Allah, kita harus meminta ampunan dan perlindungan kepada-Nya. Kita tidak tahu apa yang terjadi setelah kita kembali dari Mekkah. Oleh karena itu, kita harus selalu memohon perlindungan dari segala bahaya dan rintangan.

“Rabbighfirli warhamni wa tahhir qalbi minas syakki wash shubah. Allahumma inni as’aluka min khairi ma sa’alaqa bihi nabiyuka wa a’udzu bika min syarri ma a’udzu bihi nabiyuka.”

BACA JUGA:   Doa Supaya Pergi Haji: Cara Berekspresi dalam Memohon Restu Allah

Artinya: Ya Allah, ampunilah aku, sayangilah aku, dan sucikanlah hatiku dari keraguan dan kecurigaan. Ya Allah, aku memohon darimu segala kebaikan yang dimohonkan oleh Nabi-Mu, dan aku berlindung pada-Mu dari segala keburukan yang dihindari oleh Nabi-Mu.

Doa Ketiga: Doa untuk Keluarga dan Kerabat

Ketiga, setelah memohon ampunan dan perlindungan, kita harus mendoakan keluarga dan kerabat kita. Setelah melaksanakan ibadah haji, kita seharusnya merasa lebih dekat dengan keluarga dan kerabat kita. Oleh karena itu, kita harus mendoakan agar mereka senantiasa diberi kesehatan, keselamatan, dan keberkahan.

“Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa ‘ala aali Muhammad kama sholaita ‘ala Ibrohim wa ‘ala aali Ibrohim, innaka hammidun majid. Allahumma barik ‘ala Muhammad wa ‘ala aali Muhammad kama barakta ‘ala Ibrohim wa ‘ala aali Ibrohim, innaka hammidun majid.”

Artinya: Ya Allah, limpahkanlah shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad dan keluarganya, seperti yang Engkau limpahkan kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Mahapuji lagi Mahamulia. Ya Allah, berikanlah keberkahan kepada Nabi Muhammad dan keluarganya, seperti yang Engkau berikan kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Engkau Allah Maha Puji lagi Mahamulia.

Doa Keempat: Doa untuk Bangsa dan Negara

Keempat, kita harus mendoakan bangsa dan negara kita. Kita harus mengingat bahwa sebagai umat Islam, kita harus selalu mendoakan kebaikan dan keselamatan bagi sesama. Oleh karena itu, kita harus mendoakan agar bangsa dan negara kita selalu diberikan keamanan, kesejahteraan, dan keberkahan.

“Rabbana atina fid dunya hasanah wa fil akhiroti hasanah waqina ‘adzabannar. Allahumma ighfir lil muslimina wal muslimat, wal mu’minina wal mu’minat, al-ahyaa’i minhum wal amwat. Innaka ‘ala kulli syai-in qodir.”

BACA JUGA:   Doa Biar Cepat Pergi Haji

Artinya: Ya Allah, berikanlah kami kebaikan baik di dunia maupun di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka. Ya Allah, ampunilah semua umat muslim, laki-laki dan perempuan, yang masih hidup dan yang sudah meninggal dunia. Sesungguhnya Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu.

Doa Kelima: Doa untuk Umat Islam di Seluruh Dunia

Terakhir, kita harus mendoakan umat Islam di seluruh dunia. Kita harus mengingat bahwa sebagai umat Islam, kita adalah satu umat yang harus selalu saling mendoakan kebaikan dan keselamatan. Oleh karena itu, kita harus mendoakan agar umat Islam di seluruh dunia selalu diberikan perlindungan, keberkahan, dan kesejahteraan.

“Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa ‘ala aali Muhammad kama sholaita ‘ala Ibrohim wa ‘ala aali Ibrohim, innaka hammidun majid. Allahumma barik ‘ala Muhammad wa ‘ala aali Muhammad kama barakta ‘ala Ibrohim wa ‘ala aali Ibrohim, innaka hammidun majid. Allahumma inna nas’aluka bi jahi nabiyika Muhammadin sallallahu ‘alaihi wasallam wa jahi min hasanatihi wajahi ma taqabbala minhu, wa na’uzubika min syarrihi wasyarri ma qadama wa maa akhkhara.”

Artinya: Ya Allah, limpahkanlah shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad dan keluarganya, seperti yang Engkau limpahkan kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Mahapuji lagi Mahamulia. Ya Allah, berikanlah keberkahan kepada Nabi Muhammad dan keluarganya, seperti yang Engkau berikan kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Engkau Allah Maha Puji lagi Mahamulia. Ya Allah, kami memohon kepada-Mu dengan kehormatan Nabi Muhammad, kebaikan-kebaikannya, dan segala kebaikan yang Engkau terima darinya, dan kami berlindung pada-Mu dari kejahatan-kejahatan yang telah ia lakukan atau yang akan ia lakukan.

Sekianlah doa setelah pulang ibadah haji untuk para tamu yang dapat saya bagikan. Semoga doa-doa ini dapat membawa keberkahan dan keselamatan bagi kita semua. Amin.

BACA JUGA:   Doa Ingin Pergi Haji atau Umroh: Cara Memohon Kepada Allah