Skip to content
Home » Doa untuk Orang yang Akan Berhaji: Menyongsong Ibadah di Tanah Suci

Doa untuk Orang yang Akan Berhaji: Menyongsong Ibadah di Tanah Suci

Selamat datang di artikel kami mengenai doa untuk orang yang akan berhaji. Sebagai seorang muslim, ibadah haji adalah salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan setidaknya sekali seumur hidup bagi yang mampu. Namun, sebelum berangkat ke tanah suci, menjadi lebih baik dan begitu penuh harapan, tentunya kita juga memerlukan doa dan persiapan diri secara maksimal. Berikut ini adalah beberapa doa yang bisa menjadi inspirasi bagi umat muslim yang akan berhaji, dimana doa ini dapat membawa pengaruh positif dalam perjalanan ibadah di tanah suci.

Doa Haji & Umrah

Doa haji dan umrah merupakan doa yang sempurna bagi umat muslim yang akan berhaji. Doa ini diajarkan langsung oleh Rasulullah SAW dan menjadikannya sebagai doa yang penuh makna bagi kaum muslimin. Doa ini sangat baik dan disarankan dilafadzkan sebanyak-banyaknya dalam perjalanan ibadah. Doa ini berbunyi:

"اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي حَجِّنَا وَعُمْرَتِنَا"

"Allohummabāriklanā fī hajjinā wa umratinā"

Artinya, "Ya Allah, berikanlah keberkahan bagi kami dalam perjalanan haji dan umrah kami."

Doa Menyambut Kepulangan

Doa menyambut kepulangan atau juga dikenal dengan doa tawaf wada’ adalah doa yang dilafalkan oleh umat muslim ketika akan meninggalkan Mekah setelah menunaikan ibadah haji. Doa ini bisa dilafalkan ketika selesai melakukan tawaf wada’, yakni tawaf terakhir yang dilakukan sebelum meninggalkan Mekah. Akan tetapi, doa ini juga bisa dilakukan di hari-hari terakhir beribadah di tanah suci. Doa ini berbunyi:

"لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ لَبَّيْكَ، لَبَّيْكَ لاَ شَرِيْكَ لَكَ لَبَّيْكَ، إِنَّ الْحَمْدَ وَالنِّعَمَةَ لَكَ وَالْمُلْكَ،لاَ شَرِيْكَ لَكَ"

BACA JUGA:   Cara Utama Meningkatkan SEO dan Konten Situs Web

"Labbaykallāhumma labbayk, labbayka lāsyarīka laka labbayk, innal hamda wan ni’mata laka wal mulk, lāsyarīka lak"

Artinya, "Demi hadirmu ya Allah, demi hadirmu, demi hadirmu tak ada yang tersembunyi buat-Mu demi hadirmu. Sesungguhnya segala puji, nikmat serta seluruh kerajaan milik-Mu tak ada yang tersembunyi buat-Mu."

Doa Meminta Keutamaan

Doa ini sangat tepat untuk diucapkan pada masa sebelum keberangkatan ke Tanah Suci. Doa meminta keutamaan adalah doa yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW kepada sahabatnya Abu Bakar dan Umar ketika hendak memperoleh keutamaan dalam berhaji. Doa ini berbunyi:

"اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْهُدَى وَالتُّقَى وَالْعَفَافَ وَالْغِنَى"

"Allohumma innii as-alukal hudā, wat tuqa, wal ‘afāfa, wal gina"

Artinya, "Wahai Allah, aku mohon petunjukmu, kemantapan hati untuk beramal shaleh, kemurahan hati untuk memaafkan, dan kekayaan untuk tidak meminta kepada selain diri-Mu."

Doa Keselamatan & Kesehatan

Ketika berada di tanah suci, seorang jamaah haji harus selalu memperhatikan kesehatan dan keselamatannya. Doa keselamatan dan kesehatan di sini bisa membantu jamaah haji untuk menjaga kondisi diri selama proses perjalanan dan ibadah di Mekah. Doa ini berbunyi:

"اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْضَلَالَةِ وَالْهَلَاكَةِ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ"

"Allohumma innii auudzu bika minal dalaalati wal halaakati fid dunyaa wal aakhirah"

Artinya, "Ya Allah, aku memohon perlindungan darimu dari kesesatan dan kebinasaan di dunia akhirat."

Doa Minta Pengampunan

Di sinilah tempat terpenting bagi umat muslim untuk memohon pengampunan Allah SWT, dan di tanah suci inilah doa untuk meminta pengampunan menjadi yang sangat penting untuk dilafalkan. Doa meminta pengampunan adalah doa yang sangat mendalam dan meminta kerendahan hati. Doa ini berbunyi:

"اَللهُمَّ اغْفِرْ لِيْ، وَارْحَمْنِيْ، وَتُبْ عَلَيَّ، إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ"

BACA JUGA:   Doa-doa Manasik Haji dan Umrah

"Allahummaghfirli warhamni wa tub ‘alayya innaka antat tawwabur rohiim."

Artinya, "Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku, rahmatilah aku, beri taubat dan keampunan kepada diriku, sesungguhnya Engkau Maha Penerima Taubat, Maha Penyayang."

Kesimpulan

Itulah beberapa doa untuk orang yang akan berhaji yang sangat penting untuk dihafalkan dan dilafalkan di tanah suci. Doa-doa ini dapat membantu jamaah haji dalam menjalankan perjalanan ibadah mereka dengan lancar dan penuh keberkahan. Sebagai umat muslim, tentunya kita harus selalu memperbanyak doa dan istighfar dalam setiap melakukan ibadah, banyak meminta ampunan bagi kekhilafan yang telah kita lakukan, dan menjaganya agar tetap mendapat perlindungan dari segala macam gangguan atau marabahaya di jalanan yang gelap namun penuh penuh keberkahan. Mari kita jaga semangat dalam beribadah dan teruslah belajar untuk memperkaya pengalaman keimanan kita.