Skip to content
Home » Kumpulan Doa dan Tuntunan Pelaksanaan Haji dan Umrah

Kumpulan Doa dan Tuntunan Pelaksanaan Haji dan Umrah

Haji dan Umrah adalah ibadah yang dilakukan oleh umat Muslim sebagai bentuk pengabdian kepada Tuhan. Melalui ibadah ini, umat Muslim diberikan kesempatan untuk mempererat hubungan dengan Allah, memperbaiki diri, serta merasakan kembali makna kebersamaan di tengah-tengah saudara seiman.

Bagi yang ingin melakukan ibadah haji dan umrah, maka sebaiknya mengetahui doa-doa dan tuntunan pelaksanaannya terlebih dahulu. Berikut adalah kumpulan doa dan tuntunan pelaksanaan haji dan umrah yang bisa menjadi panduan bagi Anda.

Tuntunan Pelaksanaan Ibadah Haji

Pelaksanaan ibadah haji dilakukan pada waktu yang telah ditetapkan setiap tahunnya. Berikut adalah beberapa prosedur yang harus dilakukan dalam pelaksanaan ibadah haji.

Ihram

Ihram dilakukan dengan memakai pakaian khusus seperti sarung dan baju tanpa jahitan. Selain itu, umat Muslim yang telah berihram juga harus menahan diri dari segala perbuatan yang tidak layak seperti berkata kasar, berkelahi, atau bahkan membunuh serangga.

Tawaf

Tawaf merupakan prosesi mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali dengan diawali dari sudut Rukun Yamani dan mengakhiri di sudut itu juga. Pada saat Tawaf, umat Muslim disunnahkan untuk membaca doa tertentu.

Sai

Sai merupakan prosesi berjalan cepat antara Bukit Shafa dan Bukit Marwah sebanyak tujuh kali. Pada saat Sai, umat Muslim juga disunnahkan untuk membaca doa tertentu.

Wukuf

Wukuf dilakukan pada tanggal 9 Zulhijah di Arafah. Pada saat ini umat Muslim dianjurkan untuk memperbanyak doa dan istighfar.

BACA JUGA:   Kumpulan Doa Sepulang Haji: Jawaban dari Keinginan Hati dan Keindahan Perjalanan

Tuntunan Pelaksanaan Ibadah Umrah

Ibadah umrah merupakan ibadah yang bisa dilakukan kapan saja di luar waktu haji. Berikut adalah prosedur pelaksanaan ibadah umrah.

Keluar dari Ihram

Setelah selesai melakukan umrah, umat Muslim harus keluar dari ihram. Cara paling mudah untuk keluar dari ihram adalah dengan mencukur rambut atau dipotong sedikit saja.

Tawaf

Seperti dalam pelaksanaan ibadah haji, tawaf juga merupakan prosesi yang harus dilakukan dalam ibadah umrah. Pada saat Tawaf, umat Muslim disunnahkan untuk membaca doa tertentu.

Sai

Sai juga merupakan prosesi yang harus dilakukan dalam ibadah umrah. Pada saat Sai, umat Muslim juga disunnahkan untuk membaca doa tertentu.

Tahalul

Tahalul dilakukan dengan cara mencukur rambut sebagian atau keseluruhan.

Kumpulan Doa

Berikut adalah kumpulan doa yang bisa dibaca dalam pelaksanaan ibadah haji dan umrah.

Doa Sebelum Melakukan Ibadah

Bismillahi, Allahumma inni uridul hajjah fayasirhuli wataqabbalahu minni.

Artinya: Dengan memulai nama Allah, ya Allah aku bermaksud untuk menunaikan haji ini, mudahkan bagi aku dan terimalah haji dari aku.

Doa Ketika Berada di Makkah

Allahumma zidni hajjatan mabruratan wala tuhramni ajraha.

Artinya: Ya Allah, tambahkanlah aku dalam menunaikan haji yang diterima dan janganlah Kau menghalangiku dari pahalanya.

Doa Setelah Selesai Berdoa Saat Tawaf

Rabbana atina fid dunya hasanatan wafil akhirati hasanatan waqina adzabannar.

Artinya: Ya Tuhan kami, berilah kami kebahagiaan di dunia dan di akhirat dan lindungilah kami dari siksa neraka.

Doa Saat Menaiki Bukit Shafa

Allahu akbar, allahu akbar, allahu akbar. Laa ilaha illa Allahu, wahdahu laa syarika lah. Lahul mulku, wa lahul hamdu, wa huwa ‘ala kulli syai’in qadir.

Artinya: Allah maha besar, tidak ada Tuhan selain Allah, satu-satunya, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kerajaan, bagi-Nya segala pujian, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.

BACA JUGA:   Tuntunan Doa Mansik Haji Lengkap di You Tube

Doa Saat Melakukan Sai

Allahu akbar, allahu akbar, allahu akbar. Laa ilaha illallahu, wahdah. Anjala, thubtu, wahdal alqohan. Laa syarika lah, lahu almulku, wa lahu alhamdu, yuhi wa umit, wa huwa ‘ala kulli syain qadir.

Artinya: Allah maha besar, tidak ada Tuhan selain Allah, satu-satunya, tidak ada sekutu bagi-Nya. Dia telah menepati janjinya, membuat rasul-Nya selamat, dan mematahkan kekuasaan orang-orang yang kafir. Tidak ada yang berhak disembah selain Dia. Bagi-Nya kerajaan, bagi-Nya segala pujian. Dia yang menghidupkan dan mematikan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Kesimpulan

Ibadah haji dan umrah merupakan ibadah yang sangat penting bagi umat Muslim. Untuk melaksanakan ibadah ini dengan tepat dan benar, maka penting bagi umat Muslim untuk mengetahui doa-doa dan tuntunan pelaksanaannya. Semoga dengan mengetahui kumpulan doa dan tuntunan pelaksanaan haji dan umrah ini, umat Muslim bisa beribadah dengan khusyu’ dan penuh keikhlasan.