Skip to content
Home » Memperkirakan Anggaran Haji: Berapa Harga Yang Perlu Dipersiapkan?

Memperkirakan Anggaran Haji: Berapa Harga Yang Perlu Dipersiapkan?

Berapa harga untuk naik haji?

Berapa Biaya yang Diperlukan untuk Naik Haji?

Bagi umat muslim, ibadah haji adalah salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan. Namun, biaya untuk menunaikan ibadah haji bisa cukup mahal. Oleh karena itu, banyak orang yang bertanya-tanya berapa harga yang diperlukan untuk naik haji.

Kementerian Agama mengusulkan biaya perjalanan ibadah haji (Bipih) 1444 H/2023 M sebesar Rp69.193.733,60. Jumlah ini adalah 70% dari usulan rata-rata biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) yang mencapai Rp98.893.909,11. Namun, biaya yang harus dikeluarkan untuk naik haji bisa berbeda-beda tergantung pada beberapa faktor, seperti:

Faktor Biaya Naik Haji

  • Jenis Paket Haji
  • Harga Tiket Pesawat
  • Biaya Penginapan
  • Biaya Transportasi di Tanah Suci
  • Biaya Makanan dan Minuman
  • Biaya Perlengkapan Haji
  • Biaya Asuransi Haji
  • Biaya Lainnya

Biaya haji bisa dibagi menjadi dua bagian, yaitu biaya yang harus dibayar di awal sebelum berangkat dan biaya yang harus dibayar di tanah suci.

Biaya Sebelum Berangkat

Biaya yang harus dibayar sebelum berangkat haji meliputi biaya pendaftaran haji, biaya paket haji, biaya tiket pesawat, biaya penginapan di luar negeri, biaya perlengkapan haji, biaya asuransi haji, dan biaya lainnya yang terkait dengan persiapan haji.

Biaya pendaftaran haji adalah biaya yang harus dibayar untuk mendaftar haji di Kementerian Agama. Biaya ini normalnya berbeda-beda tergantung pada jenis paket yang dipilih.

Biaya paket haji adalah biaya yang harus dibayar untuk mendapatkan berbagai fasilitas haji. Paket haji biasanya mencakup biaya tiket pesawat, penginapan, transportasi di tanah suci, makanan, dan minuman. Biaya paket haji biasanya bervariasi tergantung pada jenis layanan yang dipilih.

BACA JUGA:   Kuota haji berapa?

Biaya tiket pesawat adalah biaya yang harus dibayar untuk membeli tiket pesawat ke Arab Saudi. Harga tiket pesawat bervariasi tergantung pada jenis penerbangan yang dipilih dan jadwal penerbangan.

Biaya penginapan di luar negeri adalah biaya yang harus dibayar untuk menginap di luar negeri sebelum berangkat haji. Biaya ini bervariasi tergantung pada jenis penginapan yang dipilih.

Biaya perlengkapan haji adalah biaya yang harus dibayar untuk membeli berbagai perlengkapan haji, seperti pakaian haji, pakaian mandi, dan aksesoris lainnya.

Biaya asuransi haji adalah biaya yang harus dibayar untuk mendapatkan asuransi haji. Ini adalah biaya yang sangat penting karena asuransi haji dapat membantu menutupi biaya yang mungkin timbul selama perjalanan haji.

Selain itu, ada beberapa biaya lainnya yang harus dibayar sebelum berangkat haji, seperti biaya visa, biaya dokumen haji, biaya pembuatan paspor, dan biaya-biaya lainnya yang terkait dengan persiapan perjalanan haji.

Biaya di Tanah Suci

Biaya yang harus dibayar di tanah suci meliputi biaya akomodasi, biaya transportasi, biaya makanan dan minuman, dan biaya-biaya lainnya yang terkait dengan ibadah haji.

Biaya akomodasi adalah biaya yang harus dibayar untuk menginap di tanah suci. Biaya ini bervariasi tergantung pada jenis akomodasi yang dipilih.

Biaya transportasi adalah biaya yang harus dibayar untuk menggunakan transportasi selama ibadah haji. Biaya ini bervariasi tergantung pada jenis transportasi yang dipilih.

Biaya makanan dan minuman adalah biaya yang harus dibayar untuk membeli makanan dan minuman selama ibadah haji. Biaya ini juga bervariasi tergantung pada jenis makanan dan minuman yang dipilih.

Selain itu, ada beberapa biaya lainnya yang harus dibayar di tanah suci, seperti biaya untuk menyewa kendaraan, biaya untuk masuk ke beberapa tempat, dan biaya-biaya lainnya yang terkait dengan ibadah haji.

BACA JUGA:   Daftar Calon Haji 2018 Jawa Tengah

Untuk memudahkan perhitungan biaya, banyak penyelenggara haji yang menyediakan perhitungan biaya haji secara online. Dengan menggunakan layanan ini, Anda dapat menghitung secara akurat berapa biaya yang harus Anda keluarkan untuk naik haji secara keseluruhan.

Memulai Perjalanan Haji

Memulai perjalanan haji merupakan impian banyak orang. Namun, biaya yang harus dikeluarkan untuk naik haji dapat menjadi penghalang bagi banyak orang. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mempersiapkan secara matang dari segi finansial sebelum memulai perjalanan haji.

Dengan mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh pada biaya haji dan membuat perhitungan biaya haji secara akurat, Anda dapat mempersiapkan diri dengan baik sebelum memulai perjalanan haji. Selamat berhaji!