Skip to content
Home » Pelaksanaan Haji Tanpa Batasan Usia di Tengah Pandemi Covid-19: Apa yang Perlu Diketahui?

Pelaksanaan Haji Tanpa Batasan Usia di Tengah Pandemi Covid-19: Apa yang Perlu Diketahui?

Pelaksanaan Haji Tanpa Batasan Usia di Tengah Pandemi Covid-19: Apa yang Perlu Diketahui?

Berapa Batas Usia Haji?

Jamaah haji merupakan orang-orang yang terpilih untuk menunaikan ibadah haji, salah satu rukun Islam yang lima. Sebagaimana yang kita ketahui, setiap orang muslim yang memiliki kemampuan untuk mengeluarkan biaya untuk haji diwajibkan untuk melaksanakan ibadah tersebut sekurang-kurangnya satu kali seumur hidupnya. Bagi jamaah haji yang hendak memulai persiapannya, informasi seputar syarat dan ketentuan haji menjadi hal yang sangat penting untuk diketahui. Salah satunya adalah tentang batasan usia.

Batasan Usia Haji

Pemerintah Arab Saudi selalu memperbarui peraturan mengenai batasan usia bagi jamaah haji yang diterapkannya setiap tahun. Selain regulasi tahunan, Pemerintah Arab Saudi juga memberlakukan pembatasan usia haji pada tahun tertentu, seperti pembatasan usia jamaah haji di bawah 65 tahun dalam pelaksanaan haji tahun 2022 guna meminimalkan penularan COVID-19. Namun, sesuai kesepakatan, tahun ini sudah tidak ada pembatasan usia jamaah haji.

Batasan usia haji masih menjadi diskusi hangat yang sering muncul di kalangan masyarakat. Hal ini tidak lepas dari kekhawatiran sebagian orang tentang kondisi jamaah yang sudah lanjut usia dan mungkin terlalu lelah untuk melaksanakan ibadah haji. Namun, bersamaan dengan perkembangan zaman, perkembangan medis, dan dalam rangka menjaga kualitas pelayanan haji yang semakin meningkat, batasan usia haji pun mengalami beberapa perubahan.

Perubahan Batasan Usia Haji

Sebelumnya, batasan usia untuk melaksanakan ibadah umrah dan haji secara terpisah yaitu minimal berusia 21 tahun. Namun seiring dengan perkembangan zaman dan kebijakan kerajaan Arab Saudi, batasan usia haji diturunkan menjadi usia 18 tahun atau sudah menikah, tanpa adanya batas usia maksimal yang telah ditetapkan.

BACA JUGA:   Kenapa Memohon Restu Haji Sangat Penting dalam Ibadah Haji

Perubahan batasan usia haji tersebut sebenarnya memudahkan sekaligus mempersulit bagi jamaah yang hendak melaksanakan ibadah haji, terutama bagi jamaah yang masih cukup muda atau jamaah yang sudah cukup berusia. Oleh karena itu, sebagai jamaah yang berkeinginan menunaikan ibadah haji, sebaiknya Anda menyiapkan diri dengan baik dan memperhatikan persyaratan yang telah ditetapkan oleh pihak pemerintah Arab Saudi.

Syarat Ibadah Haji

Syarat utama dalam melaksanakan ibadah haji adalah seorang muslim harus telah mencapai usia dewasa, yaitu sekitar 18 tahun atau sudah menikah. Selain itu, jamaah haji juga wajib tergolong dalam kategori mukim dan mampu secara finansial untuk menunaikan ibadah haji.

Jamaah haji juga diwajibkan untuk memiliki surat ketenagakerjaan yang menyatakan bahwa jamaah akan diberikan cuti untuk menunaikan ibadah haji. Sedangkan jamaah haji yang telah memutuskan untuk menunaikan ibadah haji sebaiknya mempersiapkan dokumen pendukung seperti paspor dan visa, serta dokumen kesehatan yang menyatakan bahwa jamaah haji dalam kondisi sehat dan bisa menunaikan ibadah haji dengan baik.

Kesimpulan

Terkait dengan batasan usia haji, perlu diketahui bahwa usia tidak akan menjadi penghalang bagi orang yang ingin menjalankan ibadah haji. Dalam hal beribadah, yang penting adalah berada dalam kondisi sehat dan mampu menjalankan rukun-rukun haji dengan baik. Oleh karena itu, persiapkan diri dan berdoalah untuk bisa menjadi jamaah haji yang terbaik.

Bagi Anda yang hendak menunaikan ibadah haji, pastikan Anda sudah menyiapkan segala persyaratan yang diperlukan agar perjalanan haji Anda dapat berjalan dengan lancar. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda dalam mencari informasi seputar haji dan persiapan menjalankan ibadah haji dengan lancar. Selamat menunaikan ibadah haji!

BACA JUGA:   Doa dan Dzikir Manasik Haji dan Umroh Latin untuk Mendekatkan Diri pada Sang Pencipta