Skip to content
Home » Perbandingan Biaya Haji di Tahun 2000 dan Sekarang: Berapa Perbedaannya?

Perbandingan Biaya Haji di Tahun 2000 dan Sekarang: Berapa Perbedaannya?

Perbandingan Biaya Haji di Tahun 2000 dan Sekarang: Berapa Perbedaannya?

Berapa Biaya Haji Tahun 2000 dan Berapa Biaya Haji Saat Ini?

Mendapatkan kesempatan naik haji memang menjadi dambaan setiap muslim di seluruh dunia. Namun, tentu saja biaya naik haji menjadi kendala utama bagi sebagian orang. Kita semua tahu, biaya untuk menjalankan ibadah haji bisa melambung tinggi. Namun, apakah kamu tahu berapa biaya haji tahun 2000 dan berapa biaya haji saat ini?

Saat ini, biaya haji memang tak sedikit. Namun, jika dibandingkan dengan biaya haji pada tahun 2000, jumlahnya terbilang cukup berbeda jauh. Pada tahun 2000, ayah saya pernah naik haji dengan membayar biaya haji reguler sekitar 100 ameh atau sekitar Rp18-21 jutaan. Sebaliknya, pada tahun 2021 ini, biaya haji reguler sudah mencapai Rp40.970.000,00.

Lantas, apa yang membuat biaya haji saat ini menjadi semakin tinggi? Ada beberapa faktor utama yang memengaruhi kenaikan biaya haji, antara lain:

Kenaikan Kurs Dollar AS

Salah satu faktor utama yang memengaruhi kenaikan biaya haji adalah kenaikan kurs dollar AS atau USD. Harga kurs dollar AS memang cenderung fluktuatif dan tak bisa diprediksi. Namun secara umum, harga kurs dollar AS selalu naik terus dari waktu ke waktu. Kenaikan kurs dollar ini tentunya memengaruhi biaya haji, karena umumnya biaya haji dilunasi dengan menggunakan kurs dollar AS.

Demand yang Tinggi

Tentunya, permintaan akan layanan haji juga meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya jumlah umat Islam yang berhak atau mampu untuk melaksanakan ibadah haji. Perlu diketahui, kuota haji yang diberikan oleh pemerintah setiap tahunnya terbatas, namun permintaan justru tidak terbatas. Kenaikan permintaan seperti ini tentunya memengaruhi kenaikan biaya haji karena semakin banyak yang ingin naik haji, akan semakin tinggi juga biayanya.

BACA JUGA:   Doa untuk Orang Pergi Haji dan Umroh

Kenaikan Biaya Operasional

Ada pihak-pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan layanan haji. Mulai dari maskapai penerbangan, penginapan, penyedia transportasi, hingga panitia di Tanah Suci. Seluruh faktor tersebut tentunya mengeluarkan biaya yang cukup besar. Terlebih dengan semakin ketatnya peraturan keselamatan dan perlindungan, biaya operasional untuk menjalankan ibadah haji juga semakin tinggi.

Biaya Tambahan

Kita semua tahu, layanan perjalanan haji di Indonesia juga ditambah dengan beberapa biaya tambahan yang tak terduga. Hal ini biasanya termasuk dalam biaya administrasi. Terkadang juga terdapat biaya yang dikumpulkan oleh pihak KBIH atau Kelompok Bimbingan Ibadah Haji yang digunakan untuk berbagai kegiatan sosial. Hal-hal inilah yang kemudian menjadi penyebab dari biaya haji semakin tinggi.

Namun, meskipun biaya haji semakin tinggi dari waktu ke waktu, tidak seharusnya hal tersebut menjadikan kita takut untuk berangkat ke Tanah Suci. Ada banyak sekali cara untuk menabung dan mengatur keuangan sehingga bisa berangkat naik haji dengan cukup tenang. Salah satunya adalah dengan memilih layanan haji yang memiliki harga yang terjangkau seperti haji plus.

Haji Plus, Pilihan Terbaik untuk Kamu yang Ingin Berangkat Haji dengan Budget Terjangkau

Haji plus merupakan layanan haji yang disediakan oleh banyak travel umrah dan haji. Layanan ini memberikan kesempatan bagi calon jamaah untuk berangkat ke Tanah Suci dengan harga yang lebih terjangkau. Tentunya, layanan haji plus juga memungkinkan kamu untuk merasakan kenyamanan yang sama seperti apa yang ada di haji reguler.

Dalam layanan haji plus, kamu akan mendapatkan paket perjalanan yang sudah termasuk biaya transportasi, penginapan, serta makanan selama di Tanah Suci. Tidak hanya itu, kamu juga akan dipandu oleh para mentor haji yang sudah berpengalaman sehingga perjalananmu menjadi lebih nyaman dan lancar.

BACA JUGA:   Kapan Pengumuman Pelunasan Haji 2023? Biaya Haji Resmi Ditentukan Menjadi Rp 49,8 Juta

Kesimpulan

Biaya untuk menunaikan ibadah haji memang terus meningkat. Namun, bukan berarti hal tersebut harus membuatmu kehilangan harapan untuk naik haji. Ada banyak sekali cara dan strategi yang bisa dilakukan agar biaya haji terjaga dan kepala tidak dipusingkan dengan masalah keuangan.

Namun, jika kamu ingin berangkat haji dengan cepat dan tidak memiliki banyak waktu untuk menabung, maka haji plus bisa menjadi jalan terbaikmu. Dengan layanan haji plus, kamu bisa berangkat ke Tanah Suci dengan biaya yang lebih terjangkau dan tetap merasakan kenyamanan yang sama dengan haji reguler. Semoga artikel ini bermanfaat! Salam hormat dari kami.