Skip to content
Home » Ucapan dan Doa untuk yang Berangkat Haji

Ucapan dan Doa untuk yang Berangkat Haji

Haji merupakan salah satu kewajiban umat Islam yang harus dijalankan setidaknya sekali seumur hidup. Rangkaian ibadah haji meliputi banyak hal mulai dari berangkat dari tanah air, bermalam di Mekkah dan Madinah, menunaikan ibadah wukuf di Arafah, hingga melaksanakan tawaf dan sa’i di Ka’bah. Sebagai saudara yang menginginkan yang terbaik untuk keluarga, tentunya kita akan memberikan ucapan dan doa yang tulus agar perjalanan haji lancar dan mendapatkan berkah penuh.

Ucapan untuk yang Berangkat Haji

Berikut ini beberapa contoh ucapan yang bisa kamu sampaikan untuk keluarga yang sedang berangkat haji:

  1. Semoga Allah memberikan kemudahan dan keberkahan di setiap langkah perjalanan hajimu.
  2. Selamat menunaikan ibadah haji, semoga Allah menerima segala yang kamu kerjakan dengan ikhlas.
  3. Saya doakan agar hajimu lancar, mendapat barakah penuh, dan menjadi penebus dosa-dosamu.
  4. Mari kita-umrohkan doa dan harapan kepada Allah agar haji yang kamu lakukan mendapatkan ridho-Nya.
  5. Selamat menyelesaikan rukun Islam yang ke-5 dengan baik, dan semoga bisa menjadi inspirasi bagi orang-orang disekitarmu.

Doa untuk yang Berangkat Haji

Selain memberikan ucapan, kita juga bisa memanjatkan doa agar haji keluarga atau saudara kita lancar dan mendapatkan berkah. Berikut doa yang bisa kamu panjatkan:

Allahumma Haaadza hijjaun laa ra’yaa’a feehi wa laa suma’ wa laa halaa’ laa jaa’a’a min al-hawajar, ‘amma yang dia tunjukkan dengan itiqaf dan perbanyak istighfar, ya Allah kabulkan amalnya menjadi ikhlas serta ridho-Mu, muliakan jasad dan hatinya, lindungi dari gangguan serta setaannya, berikan cahaya iman dalam hidupnya, perbaiki kekurangan dan kesalahannya, terimalah haji dan umrahnya, dan jadikan ia hamba-Mu yang merindukan diri-Mu.

Artinya: Ya Allah, inilah haji tanpa riya’, tanpa dengki dan tanpa pamer, janganlah membuatnya mengalami kesulitan, dalam apa yang ia lakukan dengan itikaf dan istighfar bersama-Mu, ya Allah, terimalah amalan kami dengan ikhlas dan keberkahan-Mu, muliakan tubuh dan merendahkan hatinya di hadapan-Mu, lindungi kami dari gangguan dan godaan syaitan, berikan cahaya keimanan dalam hidup kami, perbaiki kesalahan kami dan terimalah haji dan umrah kami, ya Allah, buatlah kami menjadi hamba yang rindu atas rahmat-Mu.

Kesimpulan

Berangkat haji merupakan salah satu perjalanan spiritual yang sangat penting bagi umat Islam. Oleh karena itu, kita wajib memberikan ucapan dan doa yang tulus agar perjalanan haji lancar dan mendapatkan berkah penuh. Semoga Allah selalu memberikan kesempatan kepada kita untuk bisa mengerjakan kewajiban haji dan umroh. Amin.

BACA JUGA:   Download Doa dan Dzikir Haji dan Umrah - Panduan Lengkap