Skip to content
Home » Syarat Wajib Zakat Mal

Syarat Wajib Zakat Mal

Apakah Anda tahu tentang zakat mal? Zakat mal adalah zakat yang dikeluarkan dari harta yang dimiliki. Zakat mal merupakan salah satu dari lima rukun Islam dan termasuk dalam kewajiban yang harus dilakukan oleh umat Muslim yang mempunyai harta.

Namun, untuk melaksanakan zakat mal, ada beberapa syarat wajib yang harus dipenuhi. Syarat-syarat tersebut akan dijelaskan secara rinci dalam artikel ini.

1. Miliki Harta yang Mencapai Nisab

Nisab adalah jumlah harta yang harus dimiliki untuk memenuhi syarat wajib zakat mal. Besar nisab ini adalah 85 gram emas atau setara dengan nilai uang yang setara dengan 85 gram emas.

Jika nilai harta yang dimiliki sudah mencapai nisab, maka wajib bagi pemilik harta untuk membayar zakat. Namun, jika nilai harta yang dimiliki belum mencapai nisab, maka tidak wajib untuk membayar zakat.

2. Telah Mencapai Haul

Haul adalah jangka waktu yang harus dilewati sejak terakhir kali membayar zakat. Untuk zakat mal, haulnya adalah satu tahun. Jika sudah mencapai haul atau lebih dari itu, maka wajib untuk membayar zakat.

3. Harta yang Dikeluarkan dari Nisab

Harta yang dikeluarkan untuk membayar zakat adalah harta yang melebihi nisab. Jadi, jika harta yang dimiliki belum mencapai nisab, maka tidak perlu membayar zakat.

4. Harta yang Halal

Harta yang digunakan untuk zakat haruslah bersumber dari halal. Harta yang berasal dari riba, judi atau haram lainnya tidak dapat digunakan untuk zakat.

BACA JUGA:   Kapan Harus Membayar Zakat? Panduan Lengkap untuk Anda

5. Harta yang Dimiliki Selama Satu Tahun

Harta yang dimiliki harus sudah dimiliki selama satu tahun sebelumnya sejak haul terakhir kali membayar zakat. Jadi, jika harta baru dimiliki dalam kurun waktu setahun sejak haul terakhir, maka tidak wajib membayar zakat.

Kesimpulan

Demikianlah syarat wajib zakat mal yang harus dipenuhi oleh umat Muslim yang ingin membayar zakat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin membayar zakat mal dan dapat membantu meningkatkan pemahaman tentang zakat. Yuk, mari kita selalu berzakat dan menyebar kebaikan.